Musrenbang Kecamatan Simanindo: 270 Usulan Dari 21 Desa dan Satu Kelurahan....

 

Samosir,DP News

Kecamatan Simanindo melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan  Desa (Musrenbang) di Aula Hotel Rogate Simanindo, Jumat (19/02). Kegiatan ini dihadiri Plh. Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Saul Situmorang, Kepala Bappeda Samosir Rudi Siahaan, Pimpinan SKPD, Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar, Kapolsek Simanindo, Danramil Simanindo, para kepala desa, anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD), dan tokoh masyarakat. 

Dalam laporannya, Hans Rikardo Sidabutar menyampaikan 21 desa dan 1 kelurahan telah mengusulkan rencana pembangunan desa tahun 2022 pada Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan di masing-masing desa. Dari 21 desa dan 1 kelurahan telah menyampaikan 270 usulan untuk dimusyawarahkan di Kecamatan Simanindo dan diserahkan kepada musyawarah kepada Bappeda Samosir untuk selanjutnya dibahas pada Musrenbang Kabupaten Samosir.

Saul Situmorang, dalam arahannya, menyampaikan delapan hal isu strategis: (1) pengentasan angka kemiskinan; (2) Proses Belajar Mengajar yang tidak optimal selama pandemi; (3) kesulitan mengendalikan pandemi Covid-19; (4) penurunan angka kasus Covid-19; (5) reformasi birokrasi; (6) minimnya inovasi untuk peningkatan ekonomi; (7) integrasi dan sinkronisasi pembangunan oleh semua SKPD; dan (8) tendensi penurunan anggaran setiap tahunnya. Di samping itu, Saul Situmorang juga mengajak masyarakat untuk mencari sumber-sumber pendapatan baru untuk APBD dalam rangka mengantisipai kecederungan menurunnya anggaran dari APBN pada tahun-tahun mendatang. Menurutnya, jika Pemkab Samosir mampu menurunkan angka kemiskinan 1% setiap tahunnya, maka pemerintahan sudah berjalan dengan baik. 

Rudi Siahaan juga menyampaikan bahwa Pemkab Samosir harus tetap tanggap terhadap perubahan regulasi yang senantiasa berubah akibat penanganan Covid-19 secara nasional. Anggaran dari pusat untuk Kabupaten Samosir, lanjut Rudi, secara keseluruhan mencapai 92% sementara pendapatan daerah masih sekitar 8%. Mengenai angka kemiskinan, Pemkab Samosir telah berhasil menurunkannya sebesar 0.04% yang diiringi bertambahnya jumlah penduduk di Samosir beberapa waktu belakangan ini. 

Pada akhir kegiatan, Rudi Siahaan menerima hasil Musrenbang Kecamatan Simanindo dari Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar untuk dilanjutkan di Musrenbang Kabupaten Samosir.( ML/heli/red)