Kesbangpol Sumut dan Asahan Sosialisasikan Tatanan Kehidupan Baru

Asahan,DP News

Bupati Asahan yang diwakili Staf Ahli Bupati Asahan Edi Sukmana, SH, MSi, membuka kegiatan sosialisasi tatanan kehidupan baru. Sosialisasi dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Asahan. Acara digelar di Aula Dinas Pendidikan, Senin (21/6).

Kepala Badan Kesbangpol Provsu yang diwakili oleh Sekretaris Kesbangpol Provsu Drs. Alfian Hutahuruk mengatakan tatanan normal baru khususnya di Kabupaten Asahan diharapkan dapat efektif diterapkan. Sehingga masyarakat tetap bisa produktif di tengah pandemi covid 19, katanya.

Menurutnya, bahwa virus corona tidak akan hilang dalam waktu yang singkat. Walaupun berbahaya, covid-19 juga dapat disembuhkan. Yang paling penting adalah pencegahan melalui kebiasaan perilaku sehat, disiplin hidup sehat dengan menerapkan prokes. Untuk mencapai hal itu, kita harus mempunyai tujuan yang berbasis pada kebersamaan dalam konsep, strategi dan teknis pelaksanaan, agar kita dapat menerapkan tatanan kehidupan baru di lingkungan kita, ucap Alfian.

Terlaksananya kegiatan sosialisasi tatanan kehidupan baru pencegahan covid-19, tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang berada di Kabupaten Asahan. Kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan dimasyarakat dan setiap individu. Sehingga bisa menjadi norma sosial dan norma individu yang baru dalam kehidupan sehari-hari bagaimana tetap melaksanakan aktivitas sesuai dengan prokes guna mencegah penyebaran covid-19, kata Alfian.

Dengan diselenggarakan sosialisasi ini, kita mendapat informasi yang akurat, yang valid tentang covid-19, dan mari kita sebarkan, kita ajak saudara-saudara kita, sahabat, kerabat, orang tua kita untuk menjalankan prokes dengan sebaik-baiknya. Maari kita bersama-sama bahu membahu, saling bersinergi melawan covid-19, kata Alfian.

"Kedisiplinan dalam menerapkan prinsip hidup yang lebih bersih dan sehat merupakan kunci dalam menekan penularan wabah covid-19 dapat segera berakhir," harap Alfian.

Sementara Bupati Asahan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Asahan Edi Sukmana, SH, MSi, mengatakan memasuki era new normal, Pemerintah Kabupaten Asahan telah menyiapkan langkah-langkah preventif untuk mencegah kembali terjadinya penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan. 

Selaras dengan hal tersebut, Bupati Asahan mengatakan bahwa masyarakat harus mampu mengubah pandangan hidup baru diberbagai aspek sesuai dengan syariat, supaya masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan tatanan hidup baru yang akan dijalankan bersama, kata Edi.

Edi mengatakan, hal terpenting yang harus dilakukan sebelum kenormalan baru atau new normal diterapkan ialah mengedukasi masyarakat. Dan melalui kesempatan ini saya meminta kepada semua Aparat Pemerintah mulai dari Dinas, Camat, Kades, Lurah hingga pengurus RT berperan aktif untuk mengedukasi masyarakat terkait menggunakan protokol kesehatan, katanya.

Tatanan hidup baru diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada disekitar kita. Oleh karena itu, aktivitas ekonomi dan kegiatan publik dibolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Di new normal kita bekerja normal seperti sedia kala tapi dengan catatan, kita disiplin dan teratur melaksanakan prokes. Semua kegiatan yang berlaku seperti di masjid dan kegiatan keagamaan lainnya bisa dilaksanakan tapi tetap menerapkan prokes, ucap Edi Sukmana.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir Sekretaris Kesbangpol Provsu, Staf Ahli Bupati Asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, perwakilan Dandim 0208/Asahan, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan, Kabag Organisasi Setdakab Asahan dan tokoh masyarakat.(ZN)