Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit di Kisaran

Asahan,DP News

Bupati Asahan H. Surya, BSc, menghadiri sekaligus membuka kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit. Operasi bibir sumbing tersebut digelar di RSU Ibu Kartini Kisaran, Jum'at (25/6).

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Asahan, Komisaris PT Kartini Sentra Medika, Dirut RSU Ibu Kartini, Kadis Kesehatan, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan serta para tamu undangan lainnya. Kegitaan operasi bibir sumbing  ini merupakan rasa kemanusian yang digelar oleh Yayasan Smile Train berkaloborasi dengan RSU Ibu Kartini dan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Direktur RSU Ibu Kartini Ibu dr. Havizah sekaligus Direktur Program Smile Train Kabupaten Asahan mengatakan, jumlah pasien yang terdaftar sebanyak 37 orang tetapi yang layak untuk bisa ikut operasi hanya 27 orang. Hal ini disebabkan karena masih ada berat badan yang belum cukup standart untuk bisa ikut operasi, kata dr Havizah.

"Dari 27 orang ini kami akan lakukan seleksi lagi dengan pemeriksaan cek laboratorium dan mengikuti prosedur pandemi covid-19. Jika positif kami akan tunda dan jika negatif akan kami masukan ke rawat inap," ucap Havizah.

Mengakhiri sambutannya, Havizah  berharap mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan serta para stakeholder lainnya agar kami terus berpartisipasi dalam melakukan misi kemanusian ini, kata Havizah.

Sementara Komisaris PT Kartini Sentra Medika Edison Sembiring mengatakan, program ini merupakan program kemanusian dan berharap program ini dapat berlanjut seterusnya. Agar para penderita bibir sumbing dapat tersenyum dengan indah, kata Edison.

Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan saya berharap dapat mensuprot kegiatan kami hari ini dan kegiatan kami yang akan datang, harap Edison.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Smile Train dan RSU Ibu Kartini. 

Kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini dapat terselenggara dengan sangat baik serta dapat dirasakan oleh anak-anak. Kami mengharapkan kegiatan seperti ini, dapat terlaksana dan dikembangkan, serta menjadi inspirasi bagi semua untuk selalu berbuat baik dan tolong menolong kepada sesama, kata Surya.

"Kami berharap anak-anak yang akan di operasi hari ini, nantinya bisa tersenyum manis dan optimis yang terpancar dari wajahnya untuk menatap masa depan yang indah. Harus semangat, harus kuat dan jangan takut untuk dioperasi,. Karena operasinya langsung ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik dari Kota Medan, dr. Frank Bietra Buchori, Sp.BP dan tim yang sudah berpengalaman, ucap Bupati Surya. (ZN)