Ruang Isolasi dan ICU Khusus Covid-19 Bertambah Tapi Bobby Harap Jangan Sampai Terisi....

Medan,DP News

Wali Kota Medan, Bobby Nasution apresiasi penambahan ruang isolasi dan ICU khusus Covid-19 di  RSU Royal Prima Marelan. Dengan penambahan fasilitas kesehatan khusus covid-19 ini maka diharapkan dapat membantu penanganan pasien covid-19 yang ada di Kota Medan.

Apresiasi ini disampaikan Bobby Nasution usai meresmikan fasilitas kesehatan khusus covid-19 tersebut di RSU Royal Prima Marelan di Medan Marelan, Senin (14/6).

"Kami Pemko Medan berterimakasih kepada RSU Royal Prima Marelan yang telah membantu Pemerintah dalam menangani pasien covid-19 di Kota Medan."kata Bobby Nasution.

Penambahan fasilitas ruang isolasi sebanyak 50 ruangan termasuk 11 untuk ICU ini juga diharapkan dapat membantu menurunkan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Medan. Karena seperti yang diketahui bahwa indikator turunya BOR itu selain dari menurunya jumlah positive rate covid-19, juga harus diupayakan dengan menambah jumlah ketersediaan bed isolasi.

"Kita tahu sampai hari ini BOR di kota Medan masih di atas 50%, kami terus berupaya agar BOR ini terus menurun, salah satu upaya Pemko Medan bersama RSU Royal Prima dengan melakukan penambahan ketersediaan bed isolasi."ujar Bobby Nasution.

Meskipun adanya penambahan ruangan khusus covid-19 ini, namun Bobby Nasution tetap berharap ruangan isolasi ini tidak terisi. Artinya jangan sampai terjadi lonjakan penularan covid-19 di Kota Medan.

"Saya berharap ruangan ini tidak terisi, ini hanya sebagai upaya antisipasi kita saja apabila terjadi lonjakan pasien."harap Bobby Nasution.

Usai melakukan peresmian, Bobby Nasution juga meninjau langsung pelaksanaan swab antigen yang dilakukan RSU Royal Prima Marelan kepada masyarakat. Tampak masyarakat secara antusias mengikuti swab antigen tersebut untuk mencegah terjadinya penularan covid-19.

Sementara itu Direktur Utama RSU Royal Prima Marelan, dr. Wienaldi, M.K.N menjelaskan ruang isolasi dan ICU khusus covid-19 ini bertekanan negatif dengan dilengkapi fasilitas HEPA Filter dan alat bantu pernapasan.

"fasilitasnya sudah kita siapkan dengan HEPA filter termasuk alat bantu pernapasan yang terbaik untuk ruang ICU."jelasnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya penambahan fasilitas khusus covid-19 ini dapat mendukung program Pemko Medan dalam penanganan covid-19 di Kota Medan.

"Sama seperti yang diharapkan Bapak Wali Kota Medan semoga ruangan ini tidak terisi, ini hanya sebagai antisipasi kita saja apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19. Andaipun nantinya bakal terisi, kita sudah siap."ujarnya.(rd)