Bau Tidak Sedap di Rumah: Ini Cara Mengusirnya.....

Jakarta,DP News

Adanya bau tak sedap yang muncul di dalam rumah bisa sangat mengganggu. Biasanya, bau di dalam rumah berasal dari dapur seperti tempat sampah, sisa makanan, saluran air yang tersumbat, hingga mesin cuci yang berjamur.

Sebetulnya, untuk menghilangkan bau di rumah cukup mudah. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari sumber bau berasal. Sebab, hanya menggunakan lilin pewangi dan penyegar udara tidak akan menyelesaikan masalah. 

Melansir dari laman Family Handyman, Minggu (11/7), berikut ini sumber bau di rumah dan trik menghilangkan bau tak sedap di rumah. 

Gunakan arang aktif

Arang aktif berpori memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menyerap bau dan salah satu trik menghilangkan bau tak sedap di rumah.

Anda dapat membeli arang aktif dalam beberapa bentuk. Kemudian, meletakkannya di dekat kotak kotoran kucing dan tempat pembuangan sampah di dapur. 

Membersihkan mesin cuci

Jamur dan lumut mudah tumbuh di mesin cuci, terutama jika memiliki mesin cuci bukaan depan. Salah satu cara menghilangkan bau tak sedap di rumah adalah membersihkan mesin cuci yang berjamur dan berlumut.

Untuk membersihkannya, gunakan dua gelas pemutih dengan air panas. Selain itu, memakai tablet Affresh dalam siklus pencucian untuk membasmi bau. Pastikan juga membiarkan pintu mesin terbuka di antara penggunaan. 

Bau kulkas

Bau kulkas juga menjadi salah satu sumber bau tak sedap di rumah. Untuk mengatasinya, gunakan baking soda yang terbuka.

Natrium bikarbonat mampu menghilangkan bau. Pastikan membersihkan kulkas minimal setahun sekali untuk mencegah munculnya bau tak sedap. 

Karpet dikencingi anak atau hewan peliharaan

Apabila memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, Anda tentu tahu bahwa karpet atau permadani menjadi salah satu sumber bau di rumah. Hal ini karena anak dan hewan peliharaan tak jarang mengencingi karpet.

Untuk menghilangkan bau urine pada karpet, coba campurkan satu bagian cuka dengan tiga bagian air. Gosokkan campuran tersebut pada karpet menggunakan kain putih dan biarkan mengering. 

Bau makanan

Seiring waktu, bau masakan bisa terperangkap di dapur, terutama jika memasak hidangan kari, saus pedas, atau olahan makanan yang digoreng. Bahkan, sisa-sisa makanan itu juga bisa menempel di dinding dapur serta lemari dapur.

Untuk mencuci lemari dan dinding, gunakan air hangat dan sabun pencuci piring berbahan lembut.

Sedangkan, untuk menghilangkan bau tak sedap di rumah setelah makan, cukup merebus secangkir cuka di atas kompor. Biarkan uap atau aroma cuka menyebar ke seluruh area dapur.(kompas.com/rd)