Ternyata...Kucing Takut Sama Mentimun: Dikirain Ular...


Jakarta,DP News

Saat berselancar di dunia maya, kamu mungkin pernah melihat video tentang kucing yang ketakutan saat melihat mentimun. Bisa jadi hal ini juga sama terjadi pada kucing peliharaanmu.

Kejadian yang demikian mungkin membuatmu tersenyum karena tampak lucu, tapi tidak demikian halnya dengan kucing yang ketakutan.

Lantas, mengapa bisa kucing takut dengan mentimun yang tidak bergerak dan tidak menyerang mereka sama sekali?

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (29/7), pada artikel ini akan dijelaskan mengenai alasan kucing takut pada mentimun.

Mengira mentimun adalah predator

Adanya video kucing yang terkejut hanya dengan melihat mentimun membuat para ahli mencoba menjelaskan perilaku ini, salah satunya Dr Roger Mumford, selaku spesialis perilaku hewan.

Ia menjelaskan bahwa reaksi yang ditunjukkan kucing sebenarnya disebabkan oleh ketakutan akan hal yang tidak mereka ketahui, dan ketakutan yang akan mereka alami ketika menemukan predator alami seperti ular.

Seekor kucing akan memiliki reaksi terkejut selama ia melihat sesuatu yang belum pernah dilihat dan hadir di ruang pribadinya tanpa dia sadari.

Selain itu, ketakutan dan keterkejutan kucing juga bisa disebabkan oleh kemiripan mentimun dengan ular.

Ular sendiri bisa menjadi salah satu predator yang bisa memakan kucing. Oleh karena itu, kemiripan benda dan sesuatu yang mengancam dapat membuat kucing khawatir.

"Mentimun mungkin tampak seperti ular bagi kucing karena bagian luarnya yang hijau dan memanjang," kata seorang ahli perilaku hewan di California, Jill Goldman.

Meski begitu, ketakutan itu ternyata bukan hanya pada mentimun yang diletakkan di belakang kucing secara diam-diam, tetapi juga semua hal yang menyelinap di sekitar kucing berpotensi membuatnya takut.

Sebab, kucing merupakan hewan dengan indra yang tajam, sehingga selalu menjaga kewaspadaan dan kesadaran situasional.

Menakuti kucing dengan mentimun dapat merusak kepercayaannya kepadamu

Ide mengejutkan kucingmu dengan mentimun bukanlah sebuah hal yang lucu. Hal ini justru memberi dampak buruk.

"Tindakan tersebut menyebabkan stres pada hewan peliharaanmu, itu mungkin bukan hal yang baik," kata Goldman.

Selain itu, memprovokasi ketakutan kucingmu bisa merusak kepercayaan yang dia berikan padamu.

Kucingmu tidak akan merasa aman lagi di rumahmu jika kamu menakutinya saat makan dan diam-diam meletakkan mentimun di dekatnya. Hal tersebut dapat membahayakan kesehatannya.(kompas.com/rd)