Gubsu Kunjungi Pengembangbiakan Pisang Barangan dan Kepok di Kisaran...

Asahan,DP News

Gubsu Edy Rahmayadi tinjau pengembangbiakan bibit pisang barangan dan kepok,Jumat (6/8) di Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat.

Gubsu  didampingi Bupati Asahan, H. Surya, BSc, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, MSi, OPD, Direktur PT Hijau Surya Biotechindo dan Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus melihat secara langsung proses pembibitan benih pisang dan proses pengembangbiakan bibit pisang di Laboratorium dan Nursery Hijau Surya PT Hijau Surya Biotechindo.

Di sela-sela peninjauannya, Gubsu Edy Rahmayadi meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan mendukung  PT Hijau Surya Biotechindo dalam pembibitan pisang barangan dan kepok ini. Saya berharap pembibitan ini dapat berkembang terus kedepannya,kata Edy.

"Kami PT Hijau Surya Biotechindo juga memiliki niat untuk mengembangkan pembibitan ini di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Asahan," ucapnya.

Setelah selesai mengunjungi dan meninjau di PT Hijau Surya Biotechindo, Gubsu beserta rombongan, Bupati Asahan dan Wakil Bupati Asahan langsung menuju ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan untuk melanjutkan kegiatan sosialisasi pencegahan covid-19 di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan mengatakan bahwa Kabupaten Asahan saat ini berada pada PPKM level 3 dengan update data sejak 1 Maret sampai dengan 5 Agustus 2021 sebaran covid-19 di Kabupaten Asahan sebagai berikut, suspek 0 orang, terkonfirmasi 1900 orang, dirawat 206 orang, sembuh 1538 orang dan meninggal 156 orang.

"Dan untuk data vaksin covid-19 Kabupaten Asahan telah menerima dosis tahap I sebanyak 43.912 orang atau sebanyak 39,5%," kata Surya.

Sedangkan untuk dosis tahap ke II yang telah menerima sebanyak 26.960 orang atau sekitar 24,2%, dengan total sasaran berjumlah 111.030 diberikan kepada, tenaga kesehatan 2.155 orang, lansia 64.773 orang, guru 13.760 orang, TNI 738 orang, Polri 712 orang dan masyarakat lainnya 28.892 orang

Selain dari total sasaran target nasional tambahan vaksin diberikan kepada masyarakat umum usia 18 sampai 49 tahun dan masyarakat rentan usia 50 sampai 59 tahun untuk dosis I sebanyak 4651 orang dan dosis II sebanyak 1013 orang.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengatakan upaya pemerintah dalam pencegahan dengan terus mengajak masyarakat agar selalu mematuhi prokes. Selain itu, dengan mengoptimalkan posko penanganan covid 19 di tingkat Kelurahan dan desa agar penyebaran covid-19 dapat diatasi, ucap Bupati.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten unggulan di Sumatera Utara, di mana Kabupaten Asahan dapat menjanjikan kesejahteraan rakyat sehingga Kabupaten Asahan mempercepat Sumatera Utara bermartabat, karena Kabupaten Asahan memiliki potensi yang besar, ucap Edy.

Gubernur Edy engatakan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Asahan terletak kepada Kepala Desa/Lurah. Maka dari itu diharapkan kepada Kepala Desa/Lurah dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya.

Di sini saya juga meminta kepada Kepala Desa dapat menggali potensi yang ada di Desanya, sehingga dapat bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat Desa. Kami selaku Pemerintah Provinsi akan mendukung serta mengembangkan potensi Desa tersebut, kata Edy.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya Gubsu menghimbau kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya masyarakat Kabupaten Asahan untuk mematuhi prokes covid 19, sehingga penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara khususnya di kabupaten Asahan dapat kita cegah penyebarannya.

Di kesempatan ini juga Gubsu menyerahkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) kepada SMA/SMK didampingi oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan dan Forkopimda Kabupaten Asahan.(ZN)