Ihwan Ritonga: Dinas Lingkungan Hidup Harus Aktif Awasi Bahaya Limbah Covid-19

Medan,DP News

Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga minta Dinas Lingkungan Hidup segera mengantisipasi bahaya limbah Covid-19 di rumah sakit rujukan.

"Persoalan ini harus maksimal ditangani Dinas Lingkungan Hidup agar tidak berdampak ke masyarakat. Jangan sampai limbah Covid-19 ini menjadi persoalan baru nantinya bagi masyarakat sekitar rumah sakit rujukan," ungkap Ihwan Ritonga,Selasa (10/8).

Menurut Ihwan, langkah yang harus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup yaitu dengan membentuk tim khusus untuk melakukan pengawasan pada limbah Covid-19 di 24 rumah sakit rujukan yang ada di Kota Medan.

"Selama ini kita tidak mendapatkan data dan informasinya yang akurat, limbah-limbah itu (covid-19) kemana dan bagaimana dibuat oleh pihak rumah sakit. Makanya kita mendorong Pemko Medan, agar memerintahkan dinas lingkungan hidup secara maksimal melakukan pengawasan ke rumah-rumah sakit rujukan itu," sebutnya.

Ihwan pun berharap kepada masyarakat agar memberikan informasi adanya rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang tidak profesional menangani limbah tersebut.

"Dinas Lingkungan Hidup harus kejar bola, jangan sampai persoalan limbah covid berdampak negatif di Kota Medan ini," tandasnya.(rd)