Dimulai Hari ini: Tatap Muka Terbatas di Asahan

Asahan,DP News

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Kabupaten Asahan dimulai,Senin (6/9) dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dan sesuai Rapat Koordinasi Evaluasi Pembukaan Sektor Pendidikan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin  Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi.

"Sementara Bupati Asahan, H. Surya, BSc, mengeluarkan instruksinya yang tertuang dalam surat dengan Nomor : 10 - Disdik-Tahun 2021 yang menjadi pedoman kami dalam menerapkan PTM Terbatas di masa pandemi seperti sekarang ini," kata Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Asahan, Drs. Sofian, MPd, kepada awak media,Senin (6/9). 

Sesuai dengan Instruksi Bupati Asahan yang beredar luas mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi dilakukan dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan, pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan/atau pembelajaran jarak jauh, kata Sofian.

"Kemudian orang tua/wali peserta didik dapat memilih pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh bagi anaknya," ujar Sofian 

Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kantor Kementerian Agama Asahan dengan kewenangannya wajib melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu pada intruksi resmi yang beritahukan oleh Bupati sebelumnya, katanya. 

"Dalam hal berdasarkan hasil pengawasan atau ditemukan kasus konfirmasi covid-19 di satuan pendidikan, maka Pemerintah Kabupaten Asahan, Kantor Kementerian Agama Asahan dan Kepala Satuan Pendidikan wajib melakukan penanganan kasus yang diperlukan dan dapat memberhentikan semetara pembelajaran tatap muka terbatas di satuan pendidikan. Dan instruksi ini mulai berlaku pada tanggal 6 September 2021, kata Sofian

Orang tua murid yang berdomisili di Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Yusuf (46) kepada awak media menceritakan mengenai anaknya yang perdana bersekolah tatap muka di sekolah 

"Mulai hari ini anak saya bangun pagi-pagi sekitar Pukul 06 : 00 WIB dan terlihat sangat semangat untuk bersekolah, padahal kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 07: 30 WIB. Saya sebagai orang tua sangat senang melihat anak saya aktif bersekolah lagi dengan tatap muka. Ia menceritakan anaknya yang rindu dengan suasana sekolah dan rindu pada teman-teman sekolah seusianya," ujar Yusuf.(ZN)