48 SD dan SMP di Medan Raih Penghargaan Adiwiyata

 

Foto: Penyerahan Piagam Penghargaan Adiwiyata Kepada 48 Sekolah di Medan/DPN

Medan,DP News

Wali Kota Medan Bobby Nasution serahkanPiagam Penghargaan Adiwiyata Kota Medan Tahun 2021 kepada 48 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat baik negeri maupun swasta.Diharapkan sekolah yang mendapatkan Penghargaan Adiwiyata ini semakin meningkatkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Piagam Penghargaan Adiwiyata secara simbolis ini diserahkan Bobby Nasution kepada tiga sekolah yakni SD Negeri 060925, SD Negeri 064020 dan MIS Insan Ikhlas Islamic School di Halaman SD Negeri 060925, Jalan Sisingamangaraja, Medan Amplas, Kamis (28/10). 

Seluruh sekolah yang menerima piagam penghargaan Adiwiyata ini merupakan hasil penjaringan Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan sejak tahun 2020 yang lalu.

Kepada sekolah yang menerima piagam penghargaan Adiwiyata, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengucapkan selamat atas perolehan predikat tersebut. Tentunya penghargaan ini dapat dimaknai untuk lebih baik lagi khususnya dalam meningkatkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Apalagi perkembangan zaman dengan teknologi saat ini mengarah bagaimana menyelamatkan suatu wilayah dalam hal pelestarian maupun penghijauan.

Bobby menambahkan dengan perkembangan teknologi kedepannya, tentu akan dapat menjadi sebuah potensi, ada dua potensi yakni potensi merusak lingkungan dan potensi mempertahankan lingkungan.

"Banyak masyarakat yang belum mengetahui dan mengerti apa makna dari arti Green School maupun Green Building. Oleh karenanya berbudaya lingkungan hidup yang dimulai di sekolah sangat baik, sehingga generasi kita kedepan dapat lebih memahami dalam menjaga lingkungan hidup," kata Bobby.

Bobby berharap tahun depan tidak hanya 48 sekolah yang menerima piagam penghargaan Adiwiyata, tetapi semua sekolah yang ada di Kota Medan. Untuk itu Bobby Nasution meminta Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk dapat menggalakkan sekolah agar menerima piagam penghargaan Adiwiyata.

"Saya berharap sekolah yang terima piagam penghargaan dapat ditingkatkan, sehingga sekolah yang ada di kota Medan benar - benar menerapkan dan memberikan pembelajaran dan ilmu terhadap Lingkungan Hidup,"jelas Bobby.

Dalam kesempatan ini, Bobby juga meminta kepada seluruh sekolah khususnya SD untuk mempersiapkan dengan baik untuk PTM. Sebab saya melihat waktu perjalanan kesini ada beberapa pelajar yang tidak memakai masker dan nongkrong di tempat makan. "Tolong diperhatikan dan diawasi dengan ketat Prokes dalam pelaksanaan PTM," kata Bobby Nasution sembari menegur salah seorang guru yang ada tidak memakai masker.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Zulfansyah Ali Sahputra menjelaskan bahwa piagam penghargaan Adiwiyata Kota Medan Tahun 2021 diberikan kepada 48 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Medan. Sekolah yang menerima piagam penghargaan Adiwiyata ini merupakan hasil penjaringan Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan sejak tahun 2020 yang lalu. selain itu kami juga  terus melakukan pembinaan agar sekolah melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah selama 12 bulan dan 48 sekolah berhasil dalam pelaksanaan tersebut sehingga berhak diberikan Penghargaan Adiwiyata.

"Dari 48 sekolah, beberapa  sekolah juga menjadi sekolah binaan dari calon sekolah Adiwiyata mandiri yang juga diusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan RI. Saat ini sedang menunggu hasil dari tim penilai Adiwiyata Pusat," jelasnya

Turut hadir dalam acara pemberian piagam penghargaan Adiwiyata Kota Medan, Kepala Kantor Kemenag Kota Medan, Drs Impun Siregar, Plt Kadis Pendidikan Topan Obaja Putra Ginting, Camat Medan Amplas, Edi Mulia Matondang dan para Kepala Sekolah yang menerima piagam penghargaan Adiwiyata.(rd).