Korban Bencana Longsor Sibolangit: 3 Meninggal, Dua Luka Luka...

Foto: Suasana Antrian Panjang Kenderaan di Lokasi Tanah Longsor Tikungan PDAM/TS

Medan, DP News 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut beberkan kronologis bencana alam tanah longsor yang terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 36, tikungan PDAM Tirtanadi, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang,Sabtu (23/10) sekira pukul 19.30 WIB.

Pada peristiwa itu ada lima orang menjadi korban jiwa maupun luka-luka.Material yang longsor dari atas tebing berupa batu-batuan kecil dan besar, pohon dan tanah menimpa satu unit mobil minibus Xenia B 2236 KFB.

Mobil tersebut kebetulan sedang melintas saat kejadian longsor sehingga pengemudi mobil tak sempat mengelak menghindari longsor yang secara tiba-tiba terjadi.Sekedar diketahui di lokasi ini tergolong rawan karena tikungan tajam seperti siku.

Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Tatareda mengatakan bahwa pada saat kejadian, mobil minibus tersebut sedang melintas satu unit mobil Xenia dengan berpenumpang 5 orang secara tiba-tiba ditimpa longsor batuan dan tanah dari tebing jalan hingga rata dengan aspal.Kondisi mobil tertimbun tertutup material batu besar dan tanah,” ujarnya, Minggu (24/10).

Lebih lanjut Valentino, menjelaskan setelah kejadian kondisi mobil ringsek berat, rata karena tertimpa batu dan kayu material longsor. Petugas Polantas bersama warga dan pengguna jalan yang sedang melintas di sekitar longsor langsung memberikan pertolongan melakukan evakuasi korban sekaligus membawa korban ke rumah sakit terdekat.

Dirlantas Polda Sumut Kombes Valentino mengatakan, saat petugas gabungan masih melakukan pembersihan material longsor dan arus lalu lintas sudah dibuka kendati masih bersifat buka tutup dan masih terjadi antrean panjang ,” kata Valentino

Sementara itu, peristiwa longsor ini mengakibatkan tiga korban meninggal dunia, dan dua luka-luka.Identitas korban selamat Gusrini Hagaina Br Ginting (23) warga Jalan Sedap Malam 1.Korban saat ini mendapat perawatan di RS Efarina Etaham, Tanah Karo.Ferdinan Tarigan (34) warga Jalan Pales 7 A No 37. Korban saat ini mendapat perawatan di RSUP Adam Malik Medan.

Identitas korban meninggal dunia, Layani Br Bangun (58), Novita Sari Br Sembiring Meliala (29). Kedua korban merupakan ibu dan anak yang tinggal di Sekoci Besitang, dan Armando Sebayang (31) warga Jalan Parang IV.

Untuk jenazah Armando Sebayang sudah dijemput pihak keluarga dari RSUD Adam Malik untuk disemayamkam di rumah duka dilanjutkan ke pemakaman. (TS)