Pohon Besar Berusia Seratusan Tahun Ditebang di Tikungan PAM Sibolangit: Lalin Ditutup 5 Jam

Foto: Pohon Besar Yang Ditebang di Tikungan PDAM Sibolangit/Satlantas/TS

Sibolangit,DP News 

Satuan Lalulintas(Satlantas ) PolrestabesMedan bersama bencana daerah (BPBD) Deliserdang menutup jalan jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, guna melakukan penebangan pohon di lokasi bencana longsor Jalan Jamin Ginting KM 36 tikungan Tirtanadi selama 5 jam.

Selain menebang pepohonan di areal tebing tim ini juga membersihkan material longsor yang memakan korban 5 orang dalam satu mobil yang tertimbun longsor beberapa hari lalu. Tiga orang tewas dan 2 korban lainnya masih di rawat di rumah sakit akibat tertimbun material longsor.

Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menyatakan, pohon besar yang berusia seratusan tahun itu harus di tebang karena terletak pas di atas bebatuan tepatnya di daerah longsor tersebut. Untuk menghindari apabila terjadi longsor susulan yang dapat membahayakan pengguna jalan.disamping itu tim juga melakukan pembersihan material longsor supaya bisa di lalui kendaraan dari Berastagi menuju Medan atau sebaliknya.

Pohon besar yang di tebang tersebut ternyata bagian bawah pohon yang di tebang sudah lapuk dan tinggal menunggu waktu saja. Apabila pohon ini tidak kita tebang maka pohon tersebut akan tumbang jika angin kencang menerpa pohon tersebut dan akan mengenai kendaraan yang melintas di lokasi ini ungkap Sonny Siregar SSos.

Sebelumnya, akses jalur itu ditutup Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut untuk 

membersihkan sisa longsor yang memakan korban jiwa terjadi beberapa waktu lalu.

Rabu (27/10)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung MAP mengatakan, pihaknya memotong sebatang pohon kayu besar di area longsor sebelum jalan dibuka.

Pemotongan, kata Zainal untuk mengatasi hal tidak diinginkan bilamana bencana alam terjadi kembali.

Foto: Alat Berat Dikerahkan Membersihkan Sisa Material Tanah Longsor di Tikungan PDAM Sibolangit/Satlantas/TS

"Sebatang pohon itu dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan. Oleh karenanya, dipotong," kata Zainal. 

Di lokasi kejadian, kata Zainal kami mendirikan posko guna memantau pengendara yang melintas. 

"Petugas yang dilibatkan dalam penjagaan Muspika Kecamatan Sibolangit. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah dalam berkendara," pungkasnya.

Bencana longsor terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 36, tepatnya tikungan PDAM Tirtanadi Kecamatan Sibolangit, Sabtu (23/10) malam lalu.

Mobil Xenia bernomor polisi B 2236 KFB saat melintas di lokasi tertimpa bebatuan bercampur tanah. Akibatnya, menelan korban jiwa tiga orang meninggal dan dua luka-luka.(TS)