Lapor Pak Bobby: Banjir Tak Kenal Jabatan,Rumah Antonius Tumanggor Pun Kebanjiran

Medan,DP News

Hujan deras guyur Kota Medan dan sekitar setengah jam rumah warga pun kebanjiran.Banjir tidak kenal jabatan,rumah Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor pun kebanjiran.

Hujan lebat sejak pukul 18.35 WIB, dan masih berlanjut sampai berita ini diterbitkan, telah membuat banyak warga gelisah dan ketakutan.

Menurut informasi yang diterima dari wakil rakyat tersebut, selama ini rumahnya yang beralamat di jalan Lorong Tapanuli, lingkungan 8 No.50 C, Kekurahan Karya Sei Agul  selama ini tidak pernah mengalami kebanjiran meskipun hujan deras turun berjam-jam. 

"Sejarah, baru kali ini sejak lahir dan orangtua saya tinggal lebih 62 tahun menetap di daerah ini tidak pernah banjir, meskipun ada beberapa rumah tetangga kebanjiran namun rumah saya tidak pernah banjir, barulah kali ini banjir lebih semata kaki,"katanya, Selasa malam (23/11).

Antonius pun terheran-heran, banjir tersebut bukan hanya dialami nya, namun warga tetangganya banyak menelepon nya dan mengaku  rumah mereka selama ini tidak pernah banjir, namun hujan kali ini rumah mereka kebanjiran.

Terlihat air masuk kedalam rumah Antonius Tumanggor dari pinggir jalan dan mengalir sampai ke seluruh ruangan hingga dapur. 

Di tempat terpisah, amatan awak media tepat di belakang rumah politisi dari Partai NasDem tersebut volume air di sungai Sei Agul sudah meninggi dan rata dengan jalan.

"Untuk itu agar segera Pemko Medan berkolaborasi dengan BWS Wilayah Sumut untuk melakukan pengorekan sungai agar debit air ketika turun hujan tertampung. Ini jangan dianggap sepele, mengingat cuaca dikota Medan tidak menentu, harus segera diperkirakan, agar jangan sampai kedepan rumah warga tenggelam saat turun hujan,"ujarnya.

Selain itu,warga masyarakat yang kebetulan saat hujan turun berada di kediaman Antonius Tumanggor, akhirnya turut mengeluarkan air dari dalam rumah, namun namun derasnya air hujan mengalahkan semangat warga tersebut yang akhirnya hanya pasrah melihat air masuk dengan deras di kediamannya itu.

Sementara itu di kawasan Jalan Sutrisno, Rahmatsyah, Puri Medan Area terendam air dengan ketinggian selutut orang dewasa akibat hujan deras yang mengguyur Kota Medan,Selasa malam.Kawasan ini merupakan daerah rawan banjir, ditambah sistem drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

"Kemarin sudah banjir, kini banjir lagi, pada hal ini sudah disampaikan kepada kelurahan dan kecamatan namun nyata tidak pernah ditanggapi," ujar Suswita warga Jalan Sutrisno Gang Cempaka

Hal yang sama juga disampaikan Icha warga amaliun yang mengeluhkan banjir, bila hujan deras mengguyur Kota Medan.Peralatan rumah menjadi rusak akibat air rendaman air. "Kita berharap ini menjadi perhatian Pemko Medan. Karena parit tak berfungsi dengan baik,"ucapnya.

Di kawasan Padang Bulan,banjir juga dialami warga PB Selayang II Medan Selayang akibat tidak tertatanya drainase.Semalam sudah banjir sampah ke rumah dan jalan raya di Pasar 5 sepinggang orang dewasa.

Setengah jam saja sudah pasti banjir,ujar Ratna mengeluhkan tidak tertatanya sistem drainase.(rd)