Notification

×

Iklan

Iklan

Menyulap' Pos Bloc Kantor Pos Medan Menjadi Tempat Nongkrong dan Toko Kreatif UMKM...

20 Januari 2022
Foto: Titik Nol Kota Medan dan Kantor Pos Bakal Menjadi Pos Bloc,Kamis(20/1)/ Tums
Medan,DP News

Kantor Pos Medan bakal 'disulap' menjadi Pos Bloc yang akan difungsikan sebagai wadah pengembangan UMKM. Selain itu,Kantor Pos Medan juga bakal menjadi tempat nongkrong dilengkapi toko kreatif, co working, studio digital hingga live house.

Direktur Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Charles Sitorus dan Direktur Utama PT Pos Property, Handayani Catur Setyovati menuturkan pengembangan Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc ini sejalan dengan komitmen pelestarian bangunan bersejarah sekaligus menaikkan kelas pelaku UMKM.

Saat itu Direktur Jasa Keuangan Pos Indonesia Charles Sitorus bersama Dirut PT Pos Property Handriani Cjatur Setijowati mengatakan, pengembangan Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc untuk membantu UMKM di Kota Medan, terutama pengembangan pemasarannya.  

Pos Bloc ini nanti dapat membantu semua pelaku UMKM di Kota Medan dalam mengembangkan pasarnya.Berdasarkan pengalaman Pos Bloc di Jakarta, sambutan masyarakat cukup baik. Sehari bisa datang 5.000 orang sehingga dapat melakukan transaksi. Selain itu Pos Bloc juga bisa dipakai untuk even-even produk UMKM.

Sementara itu,Kadis kop& UMKM Benny Iskandar yang baru dilantik 10 hari lalu mengatakan, UMKM di Medan mempunyai produk-produk unggulan yang dapat bersaing, baik dari sisi kualitas maupun harga.Produk-produk inilah, lanjut Benny, yang akan dipasarkan di Pos Bloc nantinya. 

Benny menerangkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan UMKM yang ada di Medan. Pada tahun lalu, sebutnya, jumlah UMKM yang dibina sebanyak 2.776 yang tersebar di 21 kecamatan. 

Berbagai sektor usaha yang dikembangkan pelaku UMKM, yang terbanyak adalah usaha perdagangan, reparasi mobil, dan sepeda motor serta penyediaan akomodasi dan makan minum.

Dalam pendataan UMKM,ujar Benny dilakukan identifikasi potensi produk unggulan UMKM di tiap kecamatan diantaranya Medan Sunggal dengan produk kerajinan rotan, Medan Tuntungan dengan produk tape dan makanan ringan, Medan Belawan dan Labuhan dengan produk olahan ikan, Medan Tembung dengan produk batik, dan Medan Denai serta Medan Area dengan produk konveksi, bordir, batik, juga sepatu kulit.

Pengamatan di lapangan, Kamis (20/1) suasana di Kantor Pos yang berseberangan dengan Lapangan Merdeka merupakan titik nol Kota Medan.Setiap hari,warga Medan ramai mengunjungi Kantor Pos untuk berbagai urusan surat menyurat dan lainnya.(Tums/Rd)


 


.

×
Berita Terbaru Update