Notification

×

Iklan

Iklan

Musrenbang Kecamatan Palipi Simpulkan 193 Usulan Kegiatan di 17 Desa...

10 Februari 2022
Foto: Musrenbang Kecamatan Palipi Simpulkan 163 Usulan Kegiatan, Kamis (10/2)/Limbong
Samosir, DP News

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan Palipi,Kamis (10/2) di Aula Gereja HKBP Palipi dibuka Asisten Ekbang Hotraja Sitanggang. 

Camat Palipi Ronald Sinaga menyampaikan bahwa semua usulan dan komitmen bersama hasil Musrenbang Desa telah sesuai dengan kebutuhan desa sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes yang telah disusun berdasarkan skala prioritas dengan hasil 193 usulan kegiatan dari 17 Desa,yang  disandingkan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026.

Hotraja mengatakan Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel. "RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2023 mengambil tema, Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan, oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat dan integratif dengan metode Bottom Up dimana perencanaan dimulai dari tingkat bawah ke atas untuk mempercepat pemulihan perekonomian demi kesejahteraan  masyarakat di Kabupaten Samosir", ucapnya.

Infrastruktur fisik memang sangat penting, akan tetapi sektor-sektor lain juga harus diprioritaskan, kepala desa dan badan permusyawaratan desa harus kreatif dalam menyusun perencanaan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat", ujarnya seraya menyampaikan 4 (empat) skala prioritas pembangunan.

Kepala Bappeda Litbang Samosir Rajoki R. Simarmata dalam paparannya menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan dilaksanakan untuk menampung segala usulan-usulan pembangunan yang akan disusun dalam RKPD Tahun 2023 yang sifatnya sangat prioritas dan bersentuhan langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kaban Bappeda Litbang menyampaikan 10 program unggulan pembangunan daerah yang tertuang dalams RPJMD Tahun 2021-2026.

Musrenbang diisi dengan dialog interaktif yang dipandu Camat Palipi dengan beberapa usulan dan diakhiri dengan penyerahan berita acara dari Camat Palipi kepada Kepala Bappeda Litbang.(ml/rd)





































×
Berita Terbaru Update