Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Unjuk Rasa ke Kantor Walikota: Protes Pembetonan Sungai Babura....

21 Februari 2022
Foto: Unjuk Rasa Warga Protes Pembetonan Sungai Babura,Senin(21/2)/Tums
Medan,DP News

Gelombang kedua,unjuk rasa di depan Kantor Walikota Medan.Kalau sebelumnya,para supir  angkot kemudian disusul unjuk rasa mengenai bronjong di kompleks Perumahan J-City,Senin(21/2).

Dengan membawa sejumlah spanduk, warga  menyuarakan tuntutannya.Kelihatan Asisten Ekbang Setdako Medan Khairul Syahnan menemui warga.

Salah satu tuntutan warga agar Walikota Medan melakukan normalisasi Sungai Babura karena terjadi penyempitan.

Bangun Sebelah Kiri dan Kanan

Sebelumnya,Walikota Medan Bobby Nasution,Minggu kemarin sudah meninjau kisruh bronjong di kawasan perumahan dan pusat bisnis J City, Kelurahan Kwala Bekala, Medan Johor.

Awalnya, ada keluhan warga terkait bronjong Sungai Babura yang dilakukan pihak pengembang J City di sisi kanan sungai. Konon akibatnya perumahan warga di seberang sungai sering kebanjiran. Maka Badan Wilayah Sungai (BWS) yang saat itu diwakili Agus Hutabarat selaku anggota Rekomtek merespon dengan akan melakukan pembongkaran.

Namun Bobby Nasution tak setuju dengan rencana itu karena masih ada win-win solution yang bisa diambil. Tampak juga perwakilan pengembang Candra Lingga. Jadi Bobby Nasution pun menginstruksikan agar pengembang J City membuat bronjong di sisi kanan sepanjang kurang lebih 150 meter. Sebab hal itu merupakan keinginan warga setempat.

"Ini ngapain dibongkar. Saya bukan mau membela J City ya walau ini juga investasi bagi pembangunan kota. Namun keluhan warga juga harus didengar. Saya minta pihak pengembang dan BWS agar membuat keputusan agar dibangun pula bronjong di sisi kanan. Jadi Selasa ini saya minta sudah ada keputusan ya dari pihak pengembang," kata Bobby yang diamini pihak pengembang dengan terlebih dahulu membicarakan kepada atasannya.

Saat meninjau bronjong tersebut, banyak warga yang meminta kepada orang nomor satu di Pemko Medan tersebut agar dibangun bronjong di sisi kanan. Salah satunya seorang ibu rumah tangga warga lingkungan 3 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor bernama Temu. Dikatakannya, sejak di bronjong daerah J City, warga yang ada di lingkungan tersebut terkena dampaknya yakni sering mengalami banjir jika hujan.

Diungkapkan Temu, warga  minta agar jangan satu sisi saja yang dibronjong, karena sejak bagian ini di bronjong tempat tinggal mereka di seberang terkena dampaknya setiap turun hujan pasti kebanjiran, bahkan mereka sempat mengungsi.

"Untuk itu kami memohon agar Pak Wali membantu kami untuk menyampaikan kepada pihak pengembang agar jangan hanya satu sisi saja yang di bronjong, tetapi  juga  membronjong sisi lain,  tepatnya di sekitar perkampungan warga yang terletak di seberang," ucap Temu.(rd)

×
Berita Terbaru Update