Notification

×

Iklan

Iklan

Harga Naik Tetapi Stok Sapi di Medan Aman: 3.469 Ekor Setara 589 Ton..

29 Maret 2022
Foto: Ternak Sapi/Dok
Medan, DP News

Angka inflasi di Sumut 2,46 dan di Medan mencapai 2,41 yang pemicunya adalah melonjaknya harga minyak goreng dan daging sapi.

Hal itu disampaikan Kabag Perekonomian Pemko Medan Regen dalam Rakor Satgas Ketahanan Pangan dipimpin Asisten Ekbang Pemko Medan Khairul Syahnan,Selasa(29/3) di kantor walikota.

Saat itu juga para distributor juga dimintai keterangan soal kepastian stok kebutuhan pokok.Pihak Musim Mas menyampaikan ketersediaan stok minyak goreng dan ada 1,7 juta liter yang dialokasikan untuk Sumut dan Aceh.

Begitu juga dengan PT Wilmar, yang mengatakan bahwa produksi aman, termasuk ketersediaan untuk Medan.Pada rapat itu pun mengemuka tentang kelangkaan minyak goreng curah. Salah seorang pengusaha menduga ada produsen minyak curah di luar asosiasi yang melakukan pengemasan.

Soal ketersediaan daging sapi juga mengemuka dimana  Perwakilan PT Lembu Andalas mengatakan pihaknya memotong 7-10 ekor sapi di PD Rumah Potong Hewan setiap harinya. 

Dan pada hari ini, mereka memiliki 3.469 ekor sapi yang jika dikonversikan sebanyak 589 ton. Hal ini memastikan kebutuhan hingga lebaran nanti aman. 

Hanya saja, lanjutnya, harga memang naik menyesuaikan kenaikan harga di Australia.

Terkait ayam ras, gula, dan beras, para distributor mengatakan dalam kondisi aman dan harga masih stabil.

Setelah mendengar keterangan dari para distibutor, Asisten Ekbang Pemko Medan Khairul Syahnan pun menyampaikan, bahwa sebelum Ramadan ini Satgas Ketahanan Pangan diharapkan melakukan pemantauan langsung ke distributor mau pasar-pasar.

Pemantauan ini dilakukan guna memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan hingga Lebaran nanti.(rd)

×
Berita Terbaru Update