Notification

×

Iklan

Iklan

Senam Ceria Kaum Lansia Meriahkan HLN ke-26 di Kota Medan...

03 Juni 2022
Foto: Suasana Ceria Peringatan HLN ke-26
 Di Pos Yandu Jalan Sei Batu Binggung, Jumat (3/6)/
Medan,DP News

Peringatan Hari Lansia Nasional ke-26 di Pos Yandu Lansia dimeriahkan senam bersama, penyuluhan kesehatan, vaksinasi Covid-19, serta pemeriksaan kesehatan gratis di Pos Yandu Jalan Sei Batu Gingging, Jumat(3/6). 

Sejak pukul 06.30 WIB, berangsur-angsur para warga lanjut usia (Lansia) mulai berkumpul di Posyandu Lansia Sei Batu Gingging tersebut. Mereka tampak diliputi rasa gembira menghadiri kegiatan itu. Dengan semangat dan sigap pula para Lansia ini mengikuti gerakan demi gerakan senam dalam suasana ceria. 

Sub Koordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Medan, dr. Shereivia Faradillah menjelaskan selain memberikan vaksinasi Covid-19  juga pemeriksaan kesehatan gratis bagi Lansia.

"Pemeriksaan kesehatan itu meliputi cek gula darah, cek asam urat, cek kolestrol, tensi, dan lain-lain," sebutnya, seraya mengatakan, para Lansia antusias mengikuti kegiatan tersebut. 

Shereivia mengatakan, pihaknya mempunyai tim caregiver yang telah mendapat pendidikan dan pelatihan tentang Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi Lansia yang memiliki masalah kesehatan.

"Tim ini bisa terdiri dari anggota keluarga lansia, pasien lansia, maupun kader Lansia," ujarnya.

Dalam memberikan pelayanan kepada Lansia, lanjutnya, Pemko Medan juga mempunyai banyak Pos Yandu lingkungan berikut kader-kader yang telah terlatih.

Selain melakukan melakukan olah raga fisik yang ringan,para Lansia disarankan rajin melakukan senam otak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meniru senam otak pasien penderita Alzheimer yakni rutin mengendarai mobil berukuran kecil di dalam komplek perumahan, tentunya di dalam pengawasan seorang anggota keluarga.

Budi juga mengatakan, agar kesehatan dapat lebih optimal, lansia juga harus rutin melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti telat mendiagnosis suatu penyakit yang diderita.(rd)

×
Berita Terbaru Update