Notification

×

Iklan

Iklan

2.402 Atlit Bertarung di Porkot Medan XII: Cari Atlit Untuk PON 2024...

06 Agustus 2022

 

Foto: Juara umum Porkot XI Tahun 2019 Serahkan Piala Bergilir Kepada Wakil Wali Kota Aulia Rachman,Sabtu(6/8)/Tums
Medan, DP News                   

Sebanyak 2.402 atlet perwakilan dari 21 kecamatan di Kota Medan bersaing untuk membuktikan yang terbaik di ajang Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XII Tahun 2022. Perhelatan yang berlangsung mulai 6-13 Agustus ini dibuka langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman di Stadion Teladan Medan, Sabtu (6/8) sore.


Melalui Porkot ini diharapkan dapat mencari sekaligus melahirkan bibit atlet terbaik yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Dimana dalam pesta olahraga paling bergengsi di Tanah Air ini, Kota Medan dan Banda Aceh menjadi tuan rumah bersama.


Aulia Rachman mengungkapkan, di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat ini Kota Medan tengah berupaya melahirkan atlet-atlet yang unggul. Hal itu dilakukan, imbuhnya, sebagai upaya menjadikan Medan sebagai kota atlet. "Tentunya dengan adanya peran pemerintah dalam memberikan support bagi para atlet," kata Aulia Rachman.


Diingatkan Aulia, seluruh panitia dan wasit yang memimpin jalannya pertandingan harus berlaku dan bersikap adil dalam pertandingan. Dengan demikian, lanjutnya, para atlet tetap bersemangat dan berkonsentrasi dalam pertandingan yang dilakoninya selama Porkot berlangsung. 


"Dengan menjunjung tinggi sportivitas, saya berharap dapat melahirkan bibit olahraga unggul di  Kota Medan. Mudah-mudahan tidak ada ketimpangan dalam mengambil suatu keputusan untuk menetapkan pemenang. Namun, yang paling penting bagi kita agar Kota Medan dapat banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi ke depannya," harapnya.


Sebelumnya, Ketua KONI Kota Medan Eddy H Sibarani menyampaikan, Porkot digelar rutin setiap tahunnya. Dimana Porkot 2022, jelasnya,  merupakan kesinambungan dari Porkot sebelumnya yang sejak 2019 lalu sempat terhenti akibat  pandemi Covid-19. Selain atlet, Porkot Medan juga diramaikan 800 ofisial dengan peserta berasal dari 21 kecamatan yang ada di Kota Medan. 


"Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara,  sudah selayaknya kita berlari kencang dan mempersiapkan diri, khususnya bagi para atlet, sehingga dapat mewakili sekaligus mengharumkan nama Kota Medan tidak hanya tingkat Provinsi Sumut, tapi juga nasional bahkan internasional," ujar Sibarani.


Usai pembukaan, 2.402 atlet selanjutnya akan tampil di 22 cabang olahraga (cabor), diantaranya, cabor anggar, arung jeram, bola basket, catur, kriket, dayung, gateball, gulat, judo, kempo, kick boxing. Selain itu ada juga menembak, panahan, panjat tebing, renang, senam, sepak takraw, sepatu roda, softball/baseball, tenis lapangan, angkat besi dan selam.


Sebelum pertandingan digelar, Kecamatan Medan Denai yang merupakan juara umum Porkot XI tahun 2019 menyerahkan piala bergilir kepada Wakil Wali Kota. Selanjutnya, Aulia menyerahkan kepada Ketua KONI untuk diperebutkan kembali pada Porkot XII. Pembukaan pesta olahraga di Kota Medan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Aulia Rachman.(TS/s) 







































×
Berita Terbaru Update