Notification

×

Iklan

Iklan

Wisata 'Fishing Camp' Bawa BUMDes Siarubung Raih Juara Ketiga Terbaik Tingkat Sumut

20 Agustus 2022
Foto: Keindahan Danau Toba di Wisata ' Fishing Camp' BUMDes Siarubung,Kecamatan Harian, Samosir
Samosir,DP News

BUMDes Siarubung Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian Samosir berhasil ukir sejarah karena baru berusia 8 bulan sudah menyabet peringkat ketiga lomba BUMDES Terbaik Tingkat Sumatera Utara. BUMdes Siarubung Desa Turpuk Limbong masih berusia muda dengan unit usaha wisata fishing camp. 


Keberhasilan BUMdes yang terletak di Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian ini, tidak lepas dari Komitmen Pemerintah Desa Turpuk Limbong untuk mendirikan BUMDes yang mampu memberdayakan masyarakat desa sekaligus menyumbang PAD ke Desa.


BUMdes Siarubung Desa Turpuk Limbong masih berusia muda dengan unit usaha objek wisata fishing camp ini resmi beroperasi sejak 22 Januari lalu.Salah satu keunggulan BUMdes ini karena sudah menerapkan digitalisasi dan ma mb faatkan medsos dalam mengelola unit wisata.Proses pemesanan dan pembayaran bagi wisatawan yang berkunjung sudah mengakomodasi transaksi digital.


Tambahan pula, BUMDes Siarubung sudah memanfaatkan sarana media sosial seperti facebook dan Instagram dalam mempromosikan objek wisata Siarubung. 


Direktur BUMDes Siarubung Desa Turpuk Limbong, Beta Sinaga pun menerima hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan dari Wagubsu H Musa Rajekshah saat puncak acara Peringatan HUT RI ke 77 Tingkat Propinsi Sumatera Utara di Lapangan Astaka Disporasu Jalan William Iskandar No. 9 Medan.


Selain keberhasilan meraih peringkat 3 dalam lomba BUMDes, BUMDes Siarubung juga menggondol peringkat 3 dalam ajang Anugerah Desa Wisata Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir.Kadis Sosial PMD Fitri Agust Karokaro, S.Th, MM, menyatakan BUMDes yang sudah resmi mendapatkan sertifikat badan hukum dari Kemenkunham. 

 

Foto:Direktur BUMDes Siarubung Raih Juara III Lomba BUMDes Terbaik Tingkat Sumatera Utara
Selain prestasi tingkat Sumut juga juara 3 Lomba Desa Wisata dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan Disbudpar Samosir. Desa pemenang, yaitu:

1. Desa Hariarapohan, Kecamatan Harian.

2. Desa Siallagan Pindaraya, Kecamatan Simanindo.

3. Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian.

4. Desa Pardomuan, Kecamatan Onanrunggu.

5. Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian.

6. Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan.


Atas keberhasilan tersebut kata Karo-karo,Sabtu(20/8) untuk Tahun Anggaran 2022 juga berpeluang mendapat bantuan hibah BUMdes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Sumatera Utara. 


Program ke depan kata Fitri, BUMDes Siarubung berencana untuk mengembangkan unit wisata air dan mengembangkan budaya Batak melalui sanggar seni yang ada di desa tersebut, kita akan terus berusaha mengembangkan potensi Bumdes-Bumdes yang ada di Kabupaten Samosir dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. 


Sementara itu,pengunjung ke objek wisata ingin mancing mania karena ikan mujahir dan ikan mas, yang terkenal memiliki rasa lebih gurih dibanding ikan sejenis dari tempat lain.


Destinasi baru wisata alam ini dapat ditempuh dengan jarak 12 kilometer dari Simpang Empat Pangururan, ke arah Kecamatan Harian atau menuju Bukit Sibeabea. Kalau dari Sibeabea, lokasi Pantai Siarubung berjaraka sekitar 3 kilometer.


Setelah tiba di Simpang Gonting Kecamatan Harian, akan terlihat petunjuk berbentuk papan berwarna merah dengan tulisan “Wisata Alam Siarubung Fishing Camp Bumdes Siarubung Desa Turpuk Limbong”.


Sesuai namanya, di Fishing Camp Siarubung menyediakan jasa sewa tenda untuk bermalam. Tenda dengan daya tampung 4 orang itu memberi keleluasaan bagi peminat mancing menikmati suasana malam di pinggiran Danau Toba. 


Pengelola areal telah menyediakan lokasi yang aman dan nyaman untuk mendirikan tenda, berupa papan yang telah disusun dengan baik. Tidak hanya itu, ternyata biaya sewa tenda tadi sudah termasuk alat pancing, pakan ikan dan alat pemanggang ikan.(Tim DP) 























×
Berita Terbaru Update