Notification

×

Iklan

Iklan

Serapan Anggaran Stunting di Sumut Masih 22 Persen, Wagubsu: Segera Tingkatkan.. .

19 September 2022
Foto: Koordinasi dan Konsolidasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumut di Grand City Hall Medan,Senin (19/9).

Medan,DP News

Serapan anggaran bantuan dari pemerintah pusat untuk stunting sampai saat ini masih 22% sehingga Wagubsu Musa Rajekshah mengimbau Pemkab/Pemko untuk meningkatkan serapan anggaran Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dan mengarahkan program-program pembangunan untuk mendukung penurunan angka stunting.


“Penekanan kita untuk Pemerintah Kabupaten/Kota agar dalam penggunaan anggaran bantuan dari pemerintah pusat untuk stunting ini penyerapannya agar segera direalisasikan karena hingga saat ini penyerapannya masih 22%,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah usai menghadiri acara Koordinasi dan Konsolidasi Percepatan Penurunan Stunting Tinggat Provinsi Sumut di Grand City Hall Medan,Senin (19/9).


Selain itu, Ijeck juga meminta pemerintah daerah melalui jajaran dinas-dinasnya untuk mengarahkan program pembangunan daerah mendukung penurunan angka stunting. 


“Dalam pembangunan baik itu fisik maupun non fisik,  dalam pemakaian anggaran belanja setiap tahunnya saya harap pemerintah daerah bisa mengarah kepada stunting, karena kalau tidak seperti itu kita akan sulit karena tidak mungkin berharap dana dari bantuan pusat saja,” katanya seraya berharap kegiatan koordinasi dan konsolidasi tersebut dapat menjadi wadah berbagi informasi dalam upaya penurunan stunting.


“Harapan kita dengan pertemuan ini, perwakilan dari daerah menyampaikan apa-apa yang menjadi permasalahan di setiap wilayahnya, setiap daerah beda-beda karakter penanganan stuntingnya sehingga dengan pertemuan ini bisa saling sharing, berkoordinasi ini yang kita harapkan, tujuannya untuk penurunan stunting menuju 14% di 2024,” katanya. 


Sementara itu, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN Novrizal melalui zoom meeting menyampaikan, hingga saat ini pihaknya mencatat realisasi BOKB di Sumut mencapai  22,47%, begitu pun pihaknya mengapresiasi Kota Tebingtinggi dan Pematangsiantar yang capaian serapannya mencapai 66%.(TS/d) 
























×
Berita Terbaru Update