Notification

×

Iklan

Iklan

Sosper Sistim Kesehatan, Antonius Tumanggor: Tahun Ini 145 Ribu Kartu BPJS Gratis di Kota Medan

25 September 2022


Foto: Anggota DPRD Medan Antonius D Tumanggor Laksanakan Sosper No 4 Tahun 2012 Tentang Sistim Kesehatan di Medan Barat,Sabtu(24/9)/Tums
Medan,DP News

Anggota DPRD Medan dari Dapil 1 Kota Medan Sosialisasikan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistim Kesehatan di Jalan Karya Gang Ayam Kelurahan Karang Berombak,Medan Barat,Sabtu(24/9).Berbagai pertanyaan muncul terkait masalah tunggakan iuran BPJS Kesehatan sehingga ingin masuk dalam BPJS Gratis atau dikenal dengan BPJS PIB. 


Menanggapi berbagai pertanyaan tersebut,Antonius Devolius Tumanggor dari Fraksi NasDem menegaskan dewan saat ini tengah berupaya agar pemerintah “memutihkan” tunggakan premi (iuran) masyarakat kepada BPJS Kesehatan.


“Fraksi Nasdem terus  berteriak memperjuangkan kepentingan warga Medan dalam memperoleh layanan kesehatan,” kata Antonius saat menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Karya Gang Ayem Medan. 


Sosper tentang Sistem Kesehatan ini dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta jajaran Kecamatan Medan Barat dan seratusan warga itu,Antonius memaparkan pentingnya keberadaan Perda No 4 Tahun 2012 dalam memberkan layanan kesehatan kepada warga Medan.


Perda No 4/2012 ini merupakan upaya dalam mewujudkan tatanan kesehatan yang mampu melibatkan partisipasi semua unsur dalam meningkatkan derajat kesehatan demi terwujudnya kota berwawasan kesehatan.

Foto: Sesi Tanya Jawab Sosper No 4 Tahun 2012 Tentang Sistim Kesehatan di Karang Berombak, Sabtu(24/9) /Tums
“Lewat Perda ini,Pemko Medan berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil terjangkau dan terbuka bagi masyarakat sekaligus meningkatkan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan  layanan kesehatan,” paparnya lagi.


Antonius mengungkapkan, dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan warga, badan anggaran (Banggar) DPRD Medan telah menetapkan anggaran untuk Dinas Kesehatan Tahun 2022 berjumlah Rp1,01 T di P-APBD 2022.


Pada kesempatan itu Antonius Medan mengungkapkan telah berhasil memperjuangkan anggaran 100 ribu BPJS Kesehatan gratis. Bahkan untuk tahun ini, juga telah ditetapkan penambahan 45 Ribu BPJS  Kesehatan gratis untuk warga  Kota Medan


“Apalagi, Wali Kota Medan pada tahun 2023 telah menetapkan tercapainya program universal health coverage (UHC) dalam hal  layanan kesehatan gratis bagi warga. Saat ini pun pemko sedang menggalakkan penanganan stunting agar bayi juga sehat,” ungkapnya.


Pada sesi tanya jawab bersama warga, Antonius mengingatkan agar masyarakat mengurus Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan benar agar bisa didaftarkan ke dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk memperoleh berbagai program layanan kesejahteraan.(Dlk/ r) 
























×
Berita Terbaru Update