Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Berpetualang,Nikmati Tantangan Ekstrim Gua Liang Dahar Tanah Karo

22 Oktober 2022

 

Foto: Objek Wisata Gua Liang Dahar di Desa Lau Buluh, Tanah Karo
Medan,DP News

Kabupaten Tanah Karo boleh dibilang 'gudangnya' objek wisata yang didukung cuaca yang tergolong dingin.Bukan hanya Kota Berastagi tetapi objek wisata alam yang cukup menantang masih banyak yang belum dikunjungi wisatawan, salah satunya Gua Liang Dahar. 


Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainya. 


Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong.


Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km, sampai ke Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan roda empat dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit.

Gua Liang Dahar ini salah satu lokasi yang wajib dikunjungi bagi yang suka berpetualangan. 


Letak gua ini berada di Desa Lau Buluh Kecamatan Kuta Buluh Simole Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara.


Gua Liang Dahar ini termasuk gua yang sangat fantastik dan ekstrim untuk di kunjungi.Gua Liang Dahar terdiri 3 ruang besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainya. 


Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan di atas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong serta didalam ruangan ditemukan beberapa dinding atas tetesan air yang jatuh ke dasar permukaan gua. 


Bila kita ingin ke lokasi ini ada beberapa jalur, bila anda dari Medan menuju lokasi gua ini harus melewati Kota Berastagi dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam dan jarak dari Berastagi ke lokasi ini sekitar 40 km.


Biasanya, akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan lokal dan ramainya Hari Minggu,ujar salah seorang warga Medan yang sudah pernah berkunjung kesana dengan menggunakan sepeda motor. 


Dinas Pariwisata Tanah Karo dan Dinas Pariwisata Sumut dalam situs resminya juga merekomendasikan objek wisata Gua Liang Dahar karena cukup menarik dan penuh tantangan. Tim DP/Redaksi




 























×
Berita Terbaru Update