Notification

×

Iklan

Iklan

Terkait Larangan Obat Syrup: Sejumlah Apotik 'Dirazia' di Medan,Petugas Juga Suruh Turunkan Obat Syrup Lainnya.. .

21 Oktober 2022
Foto: Petugas Dinkes Nefan Datangi Sejumlah Apotik di Medan Terkait Karangan Peredaran Obat Syrup Anak Anak, Jumat(21/10) /Tums
Medan,DP News

Menindaklanjuti larangan peredaran sejumlah obat syrup,Dinas Kesehatan Medan 'razia' apotik dan minimarket dengan memeriksa obat syrup merek Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops.


Petugas mendatangi langsung sejumlah apotik diantaranya Apotik Kalimas dan Apotik Penang Island di Jalan Setia Budi. Petugas memberikan himbauan kepada pemilik apotik agar menarik seluruh obat yang saat ini izin edarnya dihentikan, artinya tidak boleh diperjual belikan kepada masyarakat.


Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Medan Rukun Ramadani mengatakan dari hasil pengawasan dan himbauan yang dilakukan sudah banyak apotik maupun mini market yang menarik penjualan obat yang saat ini dilarang beredar di masyarakat.


Pengawasan terhadap obat-obat yang saat ini izin edarnya dihentikan sudah dilakukan dan hasil penelusuran sudah banyak apotik maupun mini market yang menarik obat-obatan tersebut, ujar Ramadhani. 


Dikatakan Rukun Ramadani lagi, adapun sejumlah obat yang saat ini tidak boleh diperjual belikan ialah Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops.


"Ada lima jenis obat sirup yang saat ini tidak boleh diperjual belikan kepada masyarakat."pungkasnya.


Selain kelima jenis obat yang dilarang tersebut, petugas juga meminta apotik untuk menurunkan jenis obat-obatan sirup tertentu agar tidak diperjual belikan juga untuk sementara.


Bahkan saat 'razia' bukan hanya memeriksa kelima jenis syrup tetapi untuk menghindari kepanikan d imasyarakat petugas minta apotik agar menurunkan beberapa obat-obatan tertentu sampai dengan ada pengumuman resminya.Namun sejauh itu, petugas tidak mengungkapkan jenis obat syrup yang juga disuruh diturunkan dari steleng apotik. 


Sambil melakukan pengawasan,petgas juga menempelkan himbauan Walikota Medan Bobby Nasution perihal kewaspadaan terhadap penyakit Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) terhadap anak-anak di apotik. Tumpal S/Redaksi


 


              



























×
Berita Terbaru Update