Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi X DPR Rekomendasikan Kewarganegaraan Pesepakbola Shayne Pattynama

08 November 2022
Foto: Shayne Pattynama

Jakarta,DP News

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11). Dalam kesempatan ini, Komisi X menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI untuk Shayne Pattynama. 


Keputusan persetujuan ini diambil setelah semua fraksi menyampaikan pandangannya terhadap pemberian kewarganegaraan terhadap Shayne. Pada rapat kerja ini, ikut hadir juga Shayne melalui virtual. 


Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian yang menjadi pimpinan rapt kerja menyampaikan kesimpulan setelah seluruh fraksi memberi pandangannya. Hetifah menyebut proses rekomendasi naturalisasi Shayne disetujui. 


“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh intansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Hetifah. 


Sementara itu, Menpora Amali dalam rapat ini menyampaikan apresiasi atas hasil keputusan Komisi X DPR RI. Menpora Amali juga akan mencatat dan menindaklanjuti masukan-masukan yang diberikan anggota dewan. 


“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI yang menyetujui rekomendasi ini. Semua yang disampaikan menjadi catatatn kami,” kata Menpora Amali.


Menpora Amali berharap, permohonan naturalisasi Shayne Pattynama berjalan dengan lancar. Proses ini juga nantinya akan dibahas di Komisi III DPR RI.


“Naturalisasi merupakan jangka pendek, ada kepetingan yakni proyeksi untuk mengikuti kejuaraan AFF dan kualifikasi Piala Asia 2023 dan target peringkat 100 FIFA sesuai FIFA match day,” jelas Menpora Amali. 


Shayne Pattynama merupakan pesepak bola kelahiran Belanda. Pria yang saat ini memperkuat klub Viking FK (Norwegia) ini memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.Rahmat Kepada/Redaksi























×
Berita Terbaru Update