Notification

×

Iklan

Iklan

Tahun Ini Samosir Kembangkan 40 Ha 'Kampung Bawang Merah', Sudah Panen di Pallombuan

22 November 2022

 

Foto: Panen Bawang Merah di Desa Gorat Pallombuan Dengan Produksi 30 Ton Per Ha/Henry
Samosir,DP News

Hasil komoditi pertanian di Kabupaten Samosir semakin meningkat.Komoditi bawang merah yang kembali digalakkan dengan konsep 'Kampung Bawang Merah' di 6 kecamatan yakni  Nainggolan, Simanindo,Sianjur Mulamula, Palipi, Pangururan dan Sitio-tio.


Panen bawang merah varietas biru Lancor yang ditanam Poktan Lomak di atas lahan 2,5 rante dengan bibit 100 kg, menghasilkan panen ubinan sebesar 3,4 ton.Sehingga untuk 1 ha lahan menghasilkan ubinan 30,4 ton/ha (19 kg/plot).Poktan Lomak, Desa Gorat Pallombuan Kecamatan Palipi merupakan salah satu “Kampung Bawang Merah”.


Pemberian bibit tersebut dicanangkan untuk “Kampung Bawang Merah” di Kabupaten Samosir. Mulai dari penanaman sampai panen difasilitasi Kementan sehingga program ini sangat membantu dan membangkitkan kembali kejayaan bawang merah di Kabupaten Samosir. 


Sementara itu, Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom SP, MP mengatakan tahun depan akan diberikan lagi bantuan kegiatan kampung bawang seluas 50 Ha.Sedang tahun ini, Kementerian Pertanian mengalokasikan pemberian bibit untuk 40 ha lahan bawang merah.


Bibit itu katanya merupakan bantuan Kementerian Pertanian atas usulan Pemkab Samosir dan disebarkan dalam 6 kecamatan dengan luas lahan 40 ha. 


Untuk itu, bantuan akan di prioritaskan ke sentra pertanaman bawang, sehingga dapat fokus menjadi daerah/kawasan perkampungan bawang merah seperti kecamatan Palipi dan Simanindo.


Ketua Kelompok Tani Lomak Togar Sinaga,Selasa(22/11) berterima kasih kepada Kementerian Pertanian dan  Pemkab Samosir atas perhatian dan bantuan yang diberikan seraya berharap mereka kembali dibantu, bibit dan mesin pencacah kompos untuk pengolahan pupuk organik.


Tahun ini Kabupaten Samosir menjadi salah satu sasaran pengembangan kampung bawah merah nasional dengan total luasan 40 Ha yg tersebar di 6 kecamatan telah didistribusikan bantuan bibit bawang merah sebanyak 40 ton dengan rincian untuk varietas Batu Ijo sebanyak 18 ton.Bibit itu dibagikan di 4 Kecamatan untuk 12 Poktan yakni angururan 2 ton, Sitiotio 9 ton, Simanindo 5 ton dan Nainggolan 2 ton. 


Varietas Biru Lancor dibagikan di 4 kecamatan untuk 12 Poktan yakni Pangururan 6 ton, Sitiotio 9 ton, Sianjur Mulamula 6 ton dan Palipi 1 ton.Henry H/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update