Notification

×

Iklan

Iklan

Terobosan Bank Sampah Tarhilala: Masyarakat Toba Beli Sembako Dibayar Dengan Sampah.. .

12 Januari 2023

 

Foto: Pesta Rakyat Tarhilala Dirangkai Bazaar Sembako Dibayar Dengan Sampah di Komplek Tugu DI Panjaitan,Rabu(11/1)) Tanda
Toba,DP News

Terobosan baru penanganan sampah di Toba dengan mendirikan Bank Sampah Tarhilala dimana masyarakat dapat membeli sembako dengan harga murah menggunakan sampah.

Adapun sampah yang dapat ditukarkan adalah sampah anorganik yang dibagi menjadi 4 kategori plastik,kertas,botol kaca dan oogam. 


Konsep penanganan sampah tersebut mendapat dukungan dari PTT Exploration and Production Public (PTTEP) Indonesia, perusahaan sektor minyak dan gas milik Pemerintah Thailand yang membantu penanganan sampah di kawasan Danau Toba sebagai wujud dukungan untuk Kawasan Pariwisata Super Prioritas (KPSP) Danau Toba.


Dengan semangat dan tekad menuju pertumbuhan yang berkelanjutan,PTTEP Indonesia beroperasi dengan pertimbangan untuk menciptakan keseimbangan yang tepat antara aspek bisnis, sosial dan lingkungan serta nilai bersama bagi para pemangku kepentingan. Oleh karena itu, PTTEP Indonesia mengambil bagian dalam mengelola sampah.


General Manager PTTEP Indonesia Grinchai Hattagam berharap dengan adanya pengelolaan sampah di Kabupaten Toba dapat menuju Net Zero Emissions.


"Dukungan dan kerja sama antara pemerintah, swasta, pengelola industri, dan masyarakat  diperlukan untuk menyukseskan Net Zero Emissions,” ujarnya menanggapi konsep bank sampah yang sedang digalakkan di Toba ,Kamis(12/1). 


Melalui konsep yang terbilang unik ini, Ia mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, dan mengelola sampah, hingga pada akhirnya sampah itu tidak menjadi suatu momok yang menakutkan


Sementara itu, Asisten Ekbang Pemkab Tova mengatakan "Kalau pemerintah pusat saja merasa perlu untuk membenahi lingkungan di sekitar Danau Toba, apalagi kita yang tinggal di sini. Masa kita yang ada di Kabupaten Toba ini tidak peduli, padahal kita yang menikmati. 


Salah satu kegiatan yang dilaksanakan mengusung konsep ' Bazaar Sembako Murah Bayar Pakai Sampah' di Komplek Tugu DI Panjaitan,Rabu(11/1) di Balige yang dirangkaian dengan Pesta Rakyat Tarhilala antara lain pameran UMKM,live music, doorprize dan kegiatan menarik lainnya. 


Selain itu, pada kegiatan ini juga akan diserahkan hadiah berupa modal usaha untuk 10 UMKM terbaik yang telah mengikuti program inkubasi bisnis yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2022.Tanda H/Redaksi



























×
Berita Terbaru Update