Notification

×

Iklan

Iklan




Hari Jadi Ke-20 Humbahas Dimeriahkan Defile Kecamatan Membawa Hasil Bumi dan Penampilan Putri Silitonga

, 28 Juli 2023
Foto: Bupati Himbahas Dosmar Banjanahor Saat Berb8ncang Dengan Dalah Seprang Anak Usai Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbahas, Jumat(28/7)/Tanda
Doloksanggul,DP News

Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Jumat (28/7) dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, Kajari Humbahas Anthony SH, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK, Dandim 0210/TU Letkol Saiful Rizal, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat.


Defile setiap kecamatan dengan membawa hasil bumi masing-masing.l,penampilan Marching Band dari SMPN 2 Doloksanggul dan SMP Santa Lusia Doloksanggul membuat suasana semakin meriah. 


Di acara HUT ke-20 Kabupaten Humbahas, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE memberikan beasiswa berprestasi tahap I tingkat mahasiswa yaitu Vinsensius Raymond Sihombing dari Universitas Hasanuddin program Peternakan dengan IP 3,75, Josua Gabriel Lumbangaol (Universitas Diponegoro Ilmu Kelautan IP 3,74), Patricia Astuti Silaban (Universitas Diponegoro Hukum IP 3,39). Ketiganya duduk dibangku kuliah tahun 2021. Tingkat siswa, Ricky F Lumbanbatu (SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige kelas XI) dan Glori EPR Silaban (SMA Del Laguboti kelas XI).  


Bupati Humbahas dalam sambutannya mengatakan sebuah daerah yang dulu tertinggal sebelum terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan, kini telah menjadi kabupaten yang maju meskipun usianya relatif muda, ibarat remaja yang sudah memasuki dewasa. 


Mari kita jadikan hari ulang tahun ini sebuah peringatan untuk melihat masa lalu sebuah mata rantai sejarah dan masa lalu yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.

Dijelaskan, tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama mengukir dan memaknai sejarah kehidupan dan kebangkitan kembali Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka meraih kemajuan kebangkitan ekonomi dan kemartabatan masyarakat Humbang Hasundutan melalui pertanian yang berkelanjutan dan perkembangan ekonomi kerakyatan.


Sesungguhnya Kabupaten Humbang Hasundutan sangat potensial di bidang pertanian karena memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, lahan yang luas dan subur sehingga sangat menjanjikan. Kabupaten Humbang Hasundutan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara penyumbang terbesar kebutuhan pangan berkelanjutan, seperti jagung, bawang merah, kentang, kopi, dan sayur-mayur. 


Ada empat prioritas pembangunan di Humbang Hasundutan yaitu pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Keempat pilar ini telah menciptakan pertumbuhan ekonomi. Pada tahun 2021 peningkatan ekonomi hanya 2,02% dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 4,21%. Tingkat kemiskinan menurun dari tahun 2021 sebesar 9,69% turun menjadi 8,86% pada tahun 2022. Capaian tersebut disebabkan masyarakat petani dalam mengolah pertanian sudah melalui mekanisasi pertanian, antara lain dalam pengembangan jagung, bawang merah, kentang, kopi dan cabai.


Sementara indeks pembangunan manusia atau IPM juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, karena sejak terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan kenaikan IPM tersebut naik secara signifikan. Jika tahun 2014 hanya 65,40 dan pada tahun 2022 mencapai angka 70,52% atau dalam kurun waktu 8 tahun. Hal ini menandakan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sudah meningkat. 


Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terus berupaya melakukan pengembangan pertanian. Karena Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan yang luas dan subur. Sekitar 90% masyarakat Humbang Hasundutan bermata pencaharian sebagai petani, sehingga sektor pertanian diharapkan mampu mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat.


Kedepan perluasan pertanaman jagung terus diupayakan, targetkan Kabupaten Humbang Hasundutan akan menjadi penghasil jagung terbesar di Provinsi Sumatera Utara. Karena pengembangan jagung lebih mudah daripada komoditi lainnya.


Untuk mobilisasi transportasi dilakukan dengan pembukaan jalan baru dan peningkatan kualitas infrastruktur jalan dalam rangka mendukung kelancaran akses ke seluruh desa bahkan ke dusun-dusun karena merupakan urat nadi dalam pengangkutan hasil -hasil produksi pertanian dari sentra produksi ketempat pemasaran. Kopi lintong merupakan komoditi unggulan yang telah menembus pasar internasional.


Program tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi dihadapkan juga dengan berbagai kendala yang perlu penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, antara lain penyediaan akses permodalan kepada petani, memperpendek rantai pemasaran hasil pertanian. 


Bupati Humbahas memenyampaikadi bidang tata kelola keuangan, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan memperoleh 7 (tujuh) kali WTP secara berturut-turut atas penilaian BPK Perwakilan Sumatera Utara yaitu sejak tahun 2016 sampai tahun 2022 sesuai standar akuntasi keuangan pemerintah. 



Untuk mendorong motivasi belajar para putra putri Kabupaten Humbang Hasundutan yang duduk di bangku SMA/SMK, telah diberikan beasiswa yang masuk di 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan sampai sekarang sebanyak 292 orang yang telah diberikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Sedangkan untuk mendorong motivasi belajar bagi siswa/siswi putra putri Humbang Hasundutan juga menerima beasiswa dari Pemerintah kabupaten humbang hasundutan yang masuk di SMA terbaik seperti SMA Unggul Del Laguboti, SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige Toba dan SMA Mata Uli Pandan dan 89 orang telah menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas akan terus ditingkatkan baik infrastruktur gedung, ruangan belajar, kebutuhan belajar dan kesejahteraan guru.


Pelayanan publik sudah semakin maju dan berkembang, hal ini dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik atau MPP, dengan jenis pelayanan baik 11 jenis pelayanan instansi vertikal maupuan pelayanan perangkat daerah sudah terintegrasi, sehingga masyarakat terlayani dengan mudah, cepat dan tepat.  


Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan. hal itu terlihat pembangunan jalan hotmix Parbotihan-Pulo Godang-Temba yang merupakan jalan alternatif dari Doloksanggul menuju Pakkat. Selain itu pembangunan jalan hotmix Ring Roud Doloksanggul menuju Sidikalang. Pembangunan pelebaran jalan hotmix Parsingguran Batu Mardingding, pembangunan jalan Pangungkitan Pusuk. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mendapatkan penghargaan dari Pemprovsu sebagai daerah dengan presentase realisasi fisik terbaik untuk pembangunan infrastruktur dasar.


Dibidang penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Humbang Hasundutan, memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas capaian kinerja sedang atau peringkat kedua dari 33 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara.


Bidang tata kelola kebersihan kota kecil, Kabupaten Humbang Hasundutan, menerima penghargaan   dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas capaian kinerja di bidang kebersihan. dengan penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk membiasakan budaya bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat.


Dibidang sistem akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, Kabupaten Humbang Hasundutan memperoleh predikat BB tiga kali berturut-turut sejak tahun 2020, 2021 dan 2022 berdasarkan penilaian Kementerian Menpan RB, dengan sasaran integritas sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja.


Kemitraan dan kerja sama dengan lembaga keagamaan dan lembaga adat maupun lembaga kemasyarakatan lainnya merupakan salah satu kekuatan yang paling penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan. 


Hiburan rakyat dipersembahkan Putri Silitonga, Senada Sister, Yolanda Lumbangl Gaol, Febry Tampubolon, Hotmarojak Siringoringo, Soluna Trio Parlilitan, seruling Dapot Simatupang,We Make It Band dan Dompak Sinaga.

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |