Panglima TNI dan Kapolri Gelar Psukan Operasi Lilin Toba 2019 di Lapagan Benteng


Medan,DP News                   
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dalam rangka pengamanan natal 2019 dan tahun 2020 di wilayah Sumatera Utara di Lapangan Benteng, Kamis (19/12).
Apel yang dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Idham Azis  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyematan pita tanda Operasi Lilin Toba kepada perserta apel. Apel berjalan dengan penuh khidmat ini diikuti Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumu, Irjen Martuani Sormin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah, Wakajatisu, Sumardi,SH.MH, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, Kodim 02/01 BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga dan Kajari Medan, Dwi Setyo Budi Utomo SH MH serta Unsur Forkompinda Sumut dan Forkompinda Kota Medan.
Kemudian, Panglima TNI dan Kapolri memeriksa kelengkapan setiap peserta apel yang diikuti anggota lintas instansi di antaranya Polri, TNI, Basarnas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan sejumlah Ormas. Pengecekan ini dilakukan sebagai standarisasi untuk Operasi Lilin Toba 2019 jelang Natal dan Tahun Baru 2020.
Dalam amanatnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kesiapan yang dibarengi dengan sinergi serta kerjasama dapat menjamin terselenggaraanya natal 2019 dan tahun baru 2020 dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Disamping itu, juga harus dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada dengan bersatunya antara unsur TNI, Polri, pemerintah daerah serta masyarakat Sumut sehingga Indonesia dapat menjadi negara maju.
"Saya mengucapkan terima kasih atas kesiapan seluruh satuan TNI, Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakaat dan instansi lainnya dalam mensukseskan natal 2019 dan tahun baru 2020. Saya juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang tidak lelah dalam melaksanakan tugas melakukan pengamanan serta keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban lingkungan sendiri," ucap Panglima TNI.
Lebih lanjut Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan di era komunikasi yang serba digital sudah selayaknya ikut serta dalam memperkuat sendi kehidupan bernegara. Dengan adanya gotong royong tolenransi tidak hilang karna kemajuan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi seyogyanya ikut andil dalam menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.
"Manfaatkanlah media digital dengan sebaik-baiknya dalam berkomunikasi. Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat dapat turut serta menjaga kesatuan dan persatuan di Negara Republik Indonesia ini," jelasnya.
Disamping itu, Marsekal Hadi juga mengajak para generasi muda Indonesia ikut dalam pengamanan natal 2019 dan tahun baru 2020. Semangat yang dimiliki generasi muda Indonesia harus dipupuk mulai dari sekarang sehingga dapat ditularkan kepada masyarakat luas.
"Mari kita tata tahun 2020 dengan penuh optimisme dalam menjaga dan membangun negara dengan demokratis serta menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia ini," tegasnnya.
Sementara itu, usai menghadiri apel tersebut, Plt Wali Kota mengatakan bahwa Pemko Medan siap ikut serta dalam melakukan pengamanan sehingga Kota Medan dapat terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.
"Kita juga ingin operasi ini dapat berjalan dengan lancar maka dari itu Pemko Medan siap bersinergi dalam menjaga keamanan demi kelancaran perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020," kata Akhyar.(Rd)