Siap..Siap...: Senin 27 Januari,Sebanyak 3.364.868 Peserta 'Bertarung' SKD CPNS


Jakarta,DP News
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Tahun Anggaran 2019 akan digelar serentak pada Senin (27/1). Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menjelaskan untuk titik lokasi (tilok) di BKN Pusat ini akan tersedia 450 Personal Computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2.250 peserta.
Dia menjelaskan dalam pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.
"Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, tilok BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN," ujar Paryono dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/1).
Kemudian, pada hari yang sama juga berlangsung SKD pada kementerian/lembaga, yaitu Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Arsip Nasional, Mahkamah Agung, Kementerian Agama, Kementerian LHK, BPOM. Kemudian, Bawaslu, Setjen KPU, BPK, Pemkot Ternate, KKP, Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian, BKKBN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, BNN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi, Ombudsman RI, Kemenristekdikti, Kota Batam, dan sejumlah Pemda.
Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi atau memenuhi syarat untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 4.433.029 orang.
"Selain itu, kami informasikan pula pada Jumat (24/01) sore telah berlangsung pengarahan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Petugas CAT BKN dari Kepala BKN kepada ratusan petugas CAT BKN yang akan mengawal pelaksanaan SKD di berbagai tilok di Indonesia," jelas dia.
Tes untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai digelar pada Senin 27 Januari mendatang. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2019 dilakukan hingga Februari 2020.
Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengungkapkan kisi-kisi SKD CPNS tahun ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
"Dalam kategori itu ada pembahasan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia," kata Paryono saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/1).
Kemudian kedua ada Tes Intelegensia Umum (TIU) mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Lalu ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi profesionalisme.
Sebelumnya, BKN telah mengumumkan seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 akan digelar serentak pada Senin 27 Januari 2020 mendatang.
Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menjelaskan untuk titik lokasi (tilok) BKN Pusat ini akan tersedia 450 Personal Computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2250 peserta.
Dia menjelaskan dalam pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.
"Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, tilok BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN," ujar Paryono dalam keterangannya.(Rd/detikcom)