Jokowi Belum Kirimkan Calon Kapolri: 4 Nama Mencuat Termasuk Mantan Kapoldasu...

Jakarta,DP News

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu surat dari Presiden Joko Widodo terkait daftar nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sahroni mengaku pihaknya sampai saat ini belum menerima informasi terkait kapan Jokowi bakal menyerahkan surat tersebut, meski masa jabatan Idham akan habis tak lebih dari sebulan ke depan.

Sejumlahah nama jenderal bintang tiga mulai muncul dalam bursa calon Kapolri, seiring masa jabatan Idham yang akan purna pada akhir Januari 2021."Nah, itu juga saya belum tahu, kami menunggu saja," kata Sahroni lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (28/12).

Mereka di antaranya Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, hingga yang teranyar Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Menurut Sahroni, empat nama tersebut berpotensi ditunjuk Jokowi menggantikan Idham. Kendati demikian, ia menyarankan Jokowi agar menunjuk calon Kapolri yang memiliki rekam jejak kepangkatan yang baik di Korps Bhayangkara.

"Integritas tinggi dan profesional jenjang karir yang baik dan tentunya integritas untuk organisasi yang dipimpin agar menciptakan Polri yang selalu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat," imbuh dia."Nama-nama ini nama yang sangat baik. Hak Penuh Pak Presiden memilih di antara nama yang ada," kata dia.

Sementara itu, Sahroni menyebut pihaknya memiliki waktu 30 hari untuk melakukan uji kelayakan usai Jokowi menyerahkan daftar nama calon Kapolri baru. DPR sendiri saat ini masih dalam masa reses hingga 11 Januari mendatang.

"Sejak Presiden kirim surat ke DPR, punya waktu paling lama 30 hari untuk proses sampai penetapan," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan bakal menyerahkan daftar nama perwira tinggi Polri kepada Presiden Jokowi yang bakal menjadi calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sejauh ini, Kompolnas bakal segera menyerahkan nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis yang pensiun tahun depan ke Presiden Joko Widodo.Kompolnas merupakan salah satu pihak yang memiliki kewenangan untuk memberikan saran terkait pengganti Kapolri kepada Presiden. Nama-nama itu juga nantinya bakal digodok bersama Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Jenderal Pol Idham Azis sendiri akan memasuki masa purnatugas pada Januari tahun depan lantaran sudah berusia 58 tahun.

"Dalam waktu dekat akan kami sampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Bapak Presiden, " kata Juru Bicara Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (28/12).

Kompolnas, kata dia, tengah menyaring berdasarkan kriteria pasal 11 ayat (6) UU nomor 2 tahun 2002 dan menyandingkan dengan kriteria masukan hasil Focus Group Discussion (FGD) dengan internal Polri yang diwakili alumni Akpol lintas generasi, tokoh-tokoh masyarakat, dan Purnawirawan Polri yang diwakili oleh Kapolri dan Wakapolri pada masanya.

"Selain itu melihat prestasi, rekam jejak serta integritas calon-calon yang ada," kata dia.

Sampai saat ini,ada empat nama mencuat sebagai Calon Kapolri yakni Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto yang mantan Kapoldasu hingga yang teranyar Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.(CNNIndonesia/rd)