Bupati Samosir: Setelah Lasro Marbun,Kini Harianto Butar Butar

Medan,DP News

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik tiga penjabat (Pj) bupati untuk tiga kabupaten di Sumut. Edy meminta agar para pejabat yang dilantik tidak ikut campur soal pemungutan suara ulang (PSU).

Pelantikan digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Medan, Rabu (31/3). Edy melantik tiga Pj Bupati untuk mengisi kekosongan jabatan di Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Samosir.

"Saya ingatkan tidak ada urusan anda mengikuti, memilih karena anda tidak punya hak untuk pemilihan di tempat itu," ujar Edy dalam sambutannya.

Edy berharap para Pj Bupati memfasilitasi masyarakat yang bakal melakukan PSU di wilayah masing-masing. Edy meminta seluruh elemen masyarakat diajak mengawal PSU.

Dikutip dari detik.com, tiga Pj Bupati yang dilantik Edy adalah: 

1. Pj Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang (Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut Provinsi Sumut)

2. Pj Bupati Labuhanbatu Selatan, Alfi Syahriza (Kadis Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut)

3. Pj Bupati Samosir, Harianto Butarbutar (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumut)

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya memerintahkan pemungutan suara ulang di Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan. MK menilai ada pelanggaran prinsip demokrasi dalam pemungutan suara Pilkada 2020

Untuk di Labuhanbatu, pemungutan suara ulang akan digelar di 9 TPS sedangkan di Labuhanbatu Selatan dilakukan PSU di 16 TPS. Pemungutan suara ulang akan digelar pada 24 April 2021.

Sementara untuk Kabupaten Samosir, sejauh ini belum ada bupati definitif meskipun hasil Pilkada Serentak 2020 sudah ditetapkan KPU Samosir pasca putusan MK. 

Pelantikan bupati masih menunggu usulan serta jadwal pelantikan dari Mendagri.

Sebagaimana diketahui,untuk Pj Bupati Samosir merupakan keduakalinya terkait Pilkada 2020.Pertama, Lasro Marbun untuk mengisi kekosongan karena incumbent ikut Pilkada 2020 lalu.

Namun sampai habis masa jabatan Rapidin Simbolon- Juang Sinaga Februari lalu belum dilantik Bupati/wakil bupati defenitif karena Pilkada Samosir masuk gugatan di MK sehingga dihunjuk Plh Bupati yakni Sekda Samosir Jabiat Sagala.(detik.com/rd)