Vandiko dan David Luther Lubis Tabur 25 Ribu Benih Ikan Nila di Ambarita

Samosir,DP News

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan Ketua DPD AMPI Provsu David Luther Lubis tabur 25.000 ikan Nila di Danau Toba, Minggu (30/5).

Penaburan benih ini merupakan lanjutan rangkaian acara Musdalub dan Pelantikan DPD AMPI Samosir, Sabtu (29/5) di Hotel Vantas.

Penaburan ikan Nila berukuran 5-8 cm ini dilakukan di perairan Ambarita kurang lebih 1.000 meter lepas pantai Danau Toba.

Vandiko berharap benih ikan yang ditabur dapat berkembang biak dengan baik dan menambah jumlah dan kesinambungan ikan tangkap bagi nelayan tradisional.

“Mari kita sama-sama lestarikan alam Danau Toba dan jangan membuang sampah ke danau,” ajak Vandiko saat sebelum menabur benih ke danau.

Tumpal Simbolon, Ketua DPD AMPI Samosir mengatakan penaburan ikan ini merupakan upaya membantu nelayan tradisional untuk meningkatkan jumlah ikan tangkap beberapa bulan ke depan.

 “Kegiatan ini dapat mendekatkan DPD AMPI Samosir dengan masyarakat Samosir,” ujar tambahnya.

Ketua DPD AMPI Provsu, David Luther Lubis mengajak masyarakat untuk menjaga Danau Toba agar tetap indah dan lestari dan menyampaikan kekagumannya atas keindahan Danau Toba.

Rosinta Sitanggang, Ketua DPD Golkar Samosir, yang juga ikut dalam kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut berkat kerja sama antara Pemkab Samosir dan DPD AMPI Provsu. Semoga Danau Toba, harap Rosinta, tetap lestari pada waktu-waktu yang akan datang.

Sehari sebelumnya,Sabtu dilakukan pelantikan Ketua  DPD AMPI  Samosir  beserta pengurus olehKetua DPD AMPI Sumut David Luther Lubis di Hotel Vantas Desa Sialanguan Kecamatan Pangururan.

Ketua DPD Golkar Rosinta Sitanggang menghimbau agar AMPI Kabupaten Samosir berkontribusi untuk Samosir .(humassamosir/heli/rd)