Hari Lahir Pancasila: Wong Chun Sen Berpakaian Tionghoa,Lurah Sidorejo Pakaian Khas Mandailing Natal

Medan,DP News

Memperingati Hari Lahir Pancasila ke-76 Tahun,Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Medan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan,M.Pd.B didampingi Lurah Sidorejo, Rafnila Lubis bersama masyarakat di Kelurahan tersebut melaksanakan upacara  yang berlangsung di Halaman Kantor Lurah Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung, Selasa (01/06).

Pada kegiatan tersebut, Wong Chun Sen Tarigan terlihat memakai pakaian adat Suku Tionghoa dan Lurah Sidorejo Rafnila Lubis memakai baju adat Mandailing Natal.

Wong, dalam pengarahan saat memimpin upacara mengatakan moment peringatan Hari Lahir Pancasila tak semata-mata  kegiatan seremonial akan tetapi memaknai dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini pada masa pandemi Covid-19 marilah kita saling bahu membahu untuk saling mengingatkan agar menaati Protokol Kesehatan (Prokes),” ujar Wong Chun Sen Tarigan yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan.

Masih dalam kegiatan tersebut, Wong menyampaikan apresiasinya kepada peran Kepala Lingkungan (Kepling) dalam pelayanan kepada masyarakat disekitarnya.

“Sehingga ini perlu ditingkatkan lebih baik lagi,” ucapnya.

Ia pun memaparkan Pancasila merupakan pedoman dasar negara patut dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia, bukan tanpa alasan, Pancasila menjadi satu-satu landasan paling utama bagi Bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara.

“Pancasila memuat lima poin penting yang disusun untuk mencakup segala aspek kehidupan, mulai dari aspek ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, keadilan, hingga kesejahteraan sosial. Dimana aspek tersebut masuk dalam sila sila Pancasila yang tersusun dari pilihan kata yang menjadi kata yang menjadi kalimat tegas, lugas, bermakna dan kebijaksanan,” kata Wong.

Tentunya sebagai dasar, Pancasila perlu dihayati dan dijunjung tinggi oleh setiap warga negara untuk memahami setiap makna Pancasila yang terkandung di dalamnya.

“Dengan memahami setiap maknanya seluruh warga negara Indonesia dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari sehingga terwujud kehidupan yang rukun, damai  dan sejahtera,” tuturnya.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Kota Medan ini juga meminta agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dan tidak membuat maupun menyebar berita-berita hoax.

“Mari kita perkuat rasa persatuan dan kesatuan dengan semakin mempererat rasa kesatuan dan kebangsaan, kita jangan mau di adu domba agar tidak terpecah belah. Selain itu, mari kita kuatkan persatuan terutama untuk memerangi Covid-19,”katanya.

Senada dengan itu, Rafnila Lubis menyampaikan momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila menjadi pemersatu dan penyemangat dalam kehidupan sehari-hari.

Ia pun mengapresiasi perwakilan warga seperti perwakilan ibu-ibu pengajian, gojek, remaja yang ikut hadir dalam upacara Hari Lahirnya Pancasila.

Harapannya, dengan kegiatan ini dapat semakin menjalin persatuan dan keakraban untuk mempererat tali silaturahmi antara warga dengan unsur pemerintahan.

Lurah Siderejo ini juga meminta kepada seluruh warga masyarakatnya untuk terus mematuhi protokoler kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menjaga jarak.

“Dihari kelahiran Pancasila ini, mari kita kuat dan bersatu memerangi Covid-19 agar dapat hilang dimuka bumi ini,”ujarnya.(rd)