Poktan Diingatkan Jangan Perjualbelikan Bibit Bawang

Samosir,DP News

Ketua Kelompok Tani diingatkan untuk tidak memperjual belikan bibit bantuan bawang merah dan segera melaksanakan penanaman sesuai jadwal yang direncanakan. 

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan penangkar bibit bawang merah kepada Kelompok Tani Mawar di Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kamis (15/7).

Bantuan bibit ini merupakan salah satu komitmen 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Samosir dalam memberikan bantuan bibit dan pupuk gratis bagi petani di Kabupaten Samosir.

Penyerahan bantuan bibit bawang ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wakil Bupati Martua Sitanggang, didampingi Kepala Dinas Pertanian Viktor Sitinjak, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Camat Simanindo, Kepala Desa Cinta Dame, dan diterima oleh Ketua Kelompok Tani Mawar Makdin Sihaloho. 

Adapun bantuan fasilitasi tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Samosir, dengan rincian yaitu bibit bawang merah label ungu sebanyak 1.200 kg, pupuk NPK mutiara sebanyak 600 kg dan pupuk organik sebanyak 2.100 kg.

Kadis Pertanian Viktor Sitinjak menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini diharapkan dapat menumbuhkan penangkar yang menghasilkan bibit bawang merah untuk mendukung ketersediaan benih bersertifikat dan bermutu di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk komitmen 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Samosir dalam memberikan bantuan bibit dan pupuk gratis bagi petani di Kabupaten Samosir. Bantuan ini juga diharapkan mampu membantu perekonomian petani di masa Pandemi Covid-19.

Bupati juga meminta kepada para penyuluh pertanian untuk melakukan pendampingan kepada para petani mulai dari penanaman, pemeliharaan hingga panen dengan sebaik-baiknya. Bupati meminta kepada Dinas Pertanian untuk memfasilitasi kelompok tani dan ‘menjemput bola’ dalam pengurusan sertifikasi bibit yang berasal dari Kelompok Tani di Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan bahwa sebagian besar mata pencaharian masyarakat Samosir persen masyarakat berasal dari pertanian, untuk menggerakkan sektor pertanian itu sendiri perlu adanya dukungan dari semua pihak, yang terutama adalah Camat dan kepala desa yang berperan dalam menggerakkan masyarakatnya.

Dalam membangun suatu daerah, ujung tombak dari pembangunan itu adalah Desa untuk itu kepala desa mempunyai peran yang sangat strategis dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat. 

Kami berharap adanya kerja sama dari semua pihak untuk mendukung kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Samosir demi kesejahteraan masyarakat” ajak Wabup. ( ml- red)