Lari Gawang: Akhiruddin dan Nurainun Perangin-angin Tambah 2 Perak

Mimika,DP News

Kontingen Sumatera Utara (Sumut), berhasil menambah dua perak dari cabang atletik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, di Stadion Atletik Mimika, Minggu (10/10). Kedua medali perak itu diraih dari lari gawang 400 meter putra dan putri.

Untuk lari gawang 400 meter putra, andalan Sumut M Akhirudin harus puas dengan medali perak setelah mencatatkan waktu 51.76 detik.

Posisi pertama sekaligus peraih emas ditempati pelari Jawa Barat, Halomoan Binsar Simanjuntak dengan catatan waktu 51.33 detik.Perunggu direbut Andrian dari NTB dengan catatan waktu 51,77 detik.

Sedangkan di lari gawang 400 meter putri, atlet Sumut Nurainun Perangin-angin juga harus puas meraih medali perak. Dia mencatatkan waktu 62.67 detik. Medali emas direbut perali Maluku Alvin Tehupeiory dengan catatan waktu 61,65 detik. Perunggu direbut pelari tuan rumah Papua, Yunike Herlin dengan catatan waktu 62,68 detik.

Atlet Sumut lainnya yang tampil di nomor lontar martil putra, Pramoedya Sufallah gagal meraih medali. Dia berada di posisi ketujuh dengan lemparan terbaik 49,27 meter. Medali emas lontar martil putra direbut Rafika Putra dari Sumber, medali perak diraih Deni Putra dari Riau, dan perunggu milik Tri Suhartomo dari Babel.

Perjuangan atlet Sumut untuk meraih medali di cabang atletik akan kembali terjadi Senin (11/10). Bakal tampil andalan Sumut, Agustina Manik dan Pretty Sihite di nomor lari 1.500 meter. Kemudian Sri Astuti dan Rustika Sibagariang di nomor lempar lembing putri.

Sekretaris Umum PASI Sumut, Suharjo MPd ketika dihubungi mengatakan, Agustina Manik ditargetkan medali medali emas di nomor 1.500 meter. Dia berharap agar pelari asal Asahan ini tampil prima.

"Ya,hari ini, red Agustina Manik akan tampil di nomor 1.500 meter. Kita berharap dia tampil prima sehingga bisa meraih medali emas," harapnya.

Sedangkan di nomor lempar lembing putri, Suharjo berharap agar Sri Astuti dan Rustika Sibagariang membuat kejutan, seperti yang dilakukan Abdul Hafiz. "Target kita dari nomor lempar lembing adalah perunggu. Tapi mudah-mudahan mereka membuat kejutan," tegasnya.(Antara/RRI/TVRI).