Notification

×

Iklan

Iklan

Arung Jeram Sipispis, Atraksi Wisata Andalan Sergai....

05 Februari 2022
Foto: Atraksi Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon Sipispis Serdang Bedagai/Dok
Sergai,DP News

Serdang Bedagai kembangkan atraksi wisata off road trail dan arung jeram untuk menarik para wisatawan dari luar kota.Arung jeram yang cukup menantang aliran Sungai Sei Bah Bolon di Kecamatan Sipispis.Sei Bah Bolon merupakan sungai yang mengalir melintasi beberapa kawasan sampai ke arah Pematangsiantar.

Arung jeram Sungai Bahbolon,kini menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sergai,ujar Bupati Sergai Dharma Wijaya,Sabtu(5/2).

Berbagai upaya dilakukan untuk mempromosikan objek wisata yang ada di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Deliserdang pada 18 Desember 2003 tersebut.

Tidak tanggung tanggung,Bupati Sergai H Dharma Wijaya,  Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan dan Sekda Sergai HM Faisal Hasrimy langsung mempromosikan nya kepada Walikota Medan M Bobby Afif Nasution,

Bupati Tapanuli Tengah, Walikota Binjai, Bupati Batubara, Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang, Bupati Labura, Wakil Walikota Tebingtinggi.

Dalam memajukan wisata di sebuah daerah, selain melakukan pembangunan fisik juga harus melakukan promosi yang baik sekaligus mencari potensi wisata untuk dikembangkan sehingga mengundang ketertarikan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Dari keterangan yang dihimpun,Kecamatan Sipspis di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), memiliki potensi ekowisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu arung jeram atau yang akrab dikenal sebagai rafting.Rafting ini berada di Sungai Bahbolon tepatnya di Desa Bartong. Kekayaan alam yang masih alami dan kondisi sungai yang cukup menantang di Bahbolon akan membuat siapa saja yang berkunjung ketempat tersebut bakalan terpukau dengan keindahan Sungai Bahbolon.

Rafting atau arung jeram merupakan salah satu olahraga air yang termasuk dalam olahraga ekstrim. Kegiatannya adalah mengarungi jeram-jeramnya sungai yang sangat menantang. Meskipun arung jeram termasuk dalam kategori olahraga ekstrim namun bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk juga oleh orang-orang yang belum pernah melakukan arung jeram sebelumnya.

Rafting merupakan salah satu objek wisata yang berada di sungai unggulan di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai yaitu di sepanjang aliran sungai Bahbolon yang melintasi beberapa Desa di Kecamatan Sipispis. Pemandangan indah, bebatuan, suasana yang tenang, menantang dan panorama alam yang menyejukkan mata membuat wisatawan terpukau akan keindahan alam yang masih alami ini.

Dibanding Kota Medan, tidak memiliki wisata alam untuk dijadikan tempat wisata seperti yang dimiliki Sergai namun ibukota Provinsi Sumatera Utara ini,memiliki banyak bangunan tua dan bernilai sejarah tinggi sehingga menjadi potensi dan daya tarik bagi para wisatawan.

Untuk itulah seluruh bangunan bersejarah di Kota Medan harus dilestarikan dengan melakukan revitalisasi, agar dapat menjadi tempat wisata perkotaan menarik bagi para wisatawan.(pea)

×
Berita Terbaru Update