Notification

×

Iklan

Iklan

Dhiyaul Hayati: Sudah Saatnya Dinsos Medan Terapkan Layanan Online

04 Februari 2022
Foto: Dhiyaul Hayati/Pea
Medan,DP News

Dinas Sosial Medan diminta tingkatkan inovasi  pelayanan terhadap masyarakat mengingat banyaknya beban tugas  yang sudah dilimpahkan dari Sekretariat Daerah dengan menerapkan pelayanan secara online. 

Sekretaris Komisi II DPRD Medan, Dhiyaul Hayati SAg MPd mengingatkan selayaknya Dinas Sosial  menerapkan pelayanan online. Karena dinas ini menangani berbagai bantuan pemerintah yang berhubungan dengan masyarakat banyak.

“Di tahun 2021, dinas sosial mendapatkan banyak pemindahan program seperti pelayanan jasa,bantuan-bantuan sosial dulunya di bawah sekretariat daerah, sekarang semuanya diarahkan ke Dinas Sosial. Ada kube, ada bantuan sosial rumah ibadah dan lainnya, sehingga anggarannya saya lihat berlipat-lipat"kata Dhiyaul Hayati, Jumat (4/2).

Misalnya,kita menerima laporan warga yang mengeluhkan dana maghrib mengaji belum keluar. Kita langsung konfirmasi ke Dinas Sosial sehingga diketahui apa permasalahannya. Diketahui ada id nya tidak valid, nomor rekeningnya kurang angka atau nomor rekeningnya pakai huruf.

Saya pikir ini yang harus kita benahi manajemennya. Ini perlu kita buat alurnya sehingga warga memperoleh kemudahan. Jika ada laporan warga, kita jadi tahu ini alur bertanya kemana. Sehingga warga dimudahkan,”ungkapnya.

Dhiyaul menambahkan, banyak program pemerintah yang tidak diketahui masyarakat. Salah satunya program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).Mungkin perlu ada alur komunikasi, gunakan media sosial seperti instagram agar masyarakat tahu adanya program-program dari Dinas Sosial. Sama seperti Dinas Tenaga Kerja, mereka kan mulai menggunakan IT untuk pelatihan-pelatihan ke masyarakat. 

“Kemudian ada KIP, PKH, BST dan lainnya. Masyarakat banyak tidak tahu kemana selama ini bertanya. Kita kan gak mau juga kalau menumpuk-numpuk datang ke kantor. Mungkin kita perlu ada layanan informasi, kalau bisa ada onlinenya untuk tanya jawab warga. Ke depannya kita benahi terus pelayanan ke masyarakat. 

Mengurangi pertemuan tatap muka, tapi memperbanyak layanan online sehingga masyarakat mendapat informasi yang jelas,”katanya.(rd)


×
Berita Terbaru Update