Notification

×

Iklan

Iklan

Sistem Tanam 'Jarwo' Bisa Tingkatkan Produksi Padi Menjadi 7.500 Kg Per Ha...

03 Maret 2022
Foto: Anggota Poktan Maju Parmaksian,Toba Terima Bantuan Benih Padi, Kamis(3/3)/Tanda
Toba,DP News

Petani Toba tiru sistem tanam padi 'Jarwo' Krawang,Jawa Barat.Dengan sistem tanam Jarwo ini dapat meningkatkan produktifitas pertanian padi di Kabupaten Toba dari 6000 Kg/Ha menjadi 7500 Kg/Ha.Dan dua tahun terakhir, sejumlah petani Toba sudah dikirim belajar  sistem tanam 'Jarwo' ke Krawang.

Sistem Tanam Jajar Legowo (Jarwo) merupakan cara tanam padi sawah dengan pola beberapa barisan tanaman yang di selingi satu barisan kosong. Cara tanam ini memiliki keunggulan yakni meningkatkan populasi tanaman per satuan luas, sehingga berpeluang meningkatkan produksi, mudah dalam pengelolaan tanaman seperti pemupukan, pengendalian hama dan penyakit.

Untuk memberhasilkan sistem tanam 'Jarwo' tersebut, dibagikan 30 Kg benih padi Inpara 32  kepada 4 kepala keluarga yang anggota Kelompok Tani Maju di Dusun Lumban Jior Desa Tangga Batu II Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba.

Benih padi diterima Hotmaida Sitorus (40), Delira Gultom (35) dan Moria Lumbanraja (41) mewakili Kelompok Tani Maju disaksikan  Sekretaris Desa Tangga Batu II Janter Butar-butar. 

Sementara itu, Hema Butar-butar mewakili Poktan Maju mengatakan bahwa bantuan tersebut untuk mengubah pola sistem tanam padi tradisional menjadi pola Tanam Jajar Legowo (Jarwo) dalam meningkatkan produktifitas padi di  Toba. 

Selanjutnya,keada para petani akan diberikan pupuk dan pestisida hingga pendampingan mulai dari pengolahan lahan, persemaian bibit padi, musim tanam padi, perawatan padi sampai musim panen padi tiba. 

Janter Butarbutar, Sekretaris Desa Tangga Batu II,Kamus(3/3)  mengatakan Sistem Tanam Jajar Legowo ini telah diterapkan oleh beberapa anggota kelompok tani di beberapa tahun terakhir ini.

Dengan sistem tanam ini hasil produksi tanam padi jauh lebih baik peningkatannya dibandingkan hasil panen sebelumnya dengan sistim pola tanam lama tradisional.

Di pihak lain,Community Development (CD) Officer Hema Butar-butar didampingi Alexander Sitorus mengatakan bantuan benih padi tersebut Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung sektor pertanian di wilayah sekitar perusahaan PT TPL.Tbk(Tanda).


 

















×
Berita Terbaru Update