Bobby: OSS Berbasis Risiko Memudahkan Perizinan Investasi

Medan,DP News

Wali Kota Medan Bobby Nasution saksikan peresmian peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko secara virtual di ruang Command Center Kantor Wali Kota, Senin (9/8). Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko yang merupakan layanan daring penerbitan izin berusaha dan guna memudahkan pengusaha mikro hingga besar ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyampaikan Sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko inii merupakan reformasi signifikan dalam perizinan, menggunakan layanan perizinan online terintegrasi dan terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko.

Presiden meyakini apabila OSS dapat dilaksanakan dengan baik maka investasi baik skala mikro, kecil, menengah maupun besar akan meningkat. Oleh karena itu Presiden memerintahkan kepada menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati dan wali kota agar disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS ini. Selain itu Presiden juga menegaskan akan mengawasi langsung implementasi di lapangan.

"Apakah persyaratannya semakin mudah, apakah jumlah izin semakin berkurang, apakah prosesnya makin sederhana, apakah biaya makin efisien, apakah standar sama di seluruh Indonesia, dan apakah layanannya semakin cepat. Ini yang akan saya ikuti," tegasnya.

Sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan bahwa OSS berbasis risiko merupakan salah satu implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK).

"Ini adalah amanah UU Cipta Kerja, dimana pemerintah wajib memberikan kepastian, kemudahan, efisiensi, dan transparansi bagi pelaku usaha. Sesuai arahan Bapak Presiden, saat ini kita menjalankan konsep 'rem dan gas'. Bagaimana satu sisi kita menyelesaikan covid-19, dan di sisi lain, ekonomi harus jalan," jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambut baik peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko. Tentunya Sistem OSS ini merupakan upaya pemerintah untuk mempermudah perizinan investasi di Indonesia. Sehingga pengusaha bisa secara langsung melakukan pendaftaran secara transparan, terbuka, dan terjamin.

"Pemko Medan menyambut baik Peluncuran Sistem OSS berbasis Risiko. Diharapkan sistem ini akan memudahkan perizinan investor dan pengusaha khususnya di kota Medan. Sehingga laju pertumbuhan perekonomian kota Medan pun mudah-mudahan akan terus meningkat," Jelas Bobby Nasution didampingi Kepala Bappeda Benny Iskandar.(rd)