KPPU Minta Dilibatkan Dalam Pembahasan Ranperda Berkaitan Ekonomi dan UMKM di Medan


Medan,DP News

Ketua DPRD Medan Hasyim, SE menerima kunjungan rombongan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I, Sumatera Utara. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan silaturahmi dan perkenalan Kepala Kanwil I, Sumut yang baru, yakni Ridho Pamungkas,Senin (11/10).

Ridho Pamungkas menyampaikan usulan yang cukup bagus, yakni agar DPRD  Medan melibatkan KPPU dalam setiap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang berkaitan dengan ekonomi, terutama UMKM.

KPPU juga menyampaikan pentingnya kemitraan yang sehat antara pelaku usaha besar dengan pelaku usaha UMKM, sehingga terbangun hubungan yang mutualisme (saling menguntungkan).

"Usulan ini kami terima dan akan kami bahas secara internal, karena sinergitas seperti ini baik. Apalagi Walikota Medan sangat konsern dengan pemberdayaan dan pengembangan UMKM," kata Hasyim.

Hasyim menjelaskan, saat ini, DPRD Kota Medan bersama Pemko Medan sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penetapan zonasi pedagang kaki lima (PKL). Ranperda ini nantinya akan membuat aturan khusus mengenai penetapan lokasi PKL yang selama ini sering menimbulkan polemik di lapangan. 

"Kami akan mengundang KPPU untuk dapat memberikan pandangannya dari sisi persaingan usaha," sebutnya.

Kunjungan silaturahmi dan perkenalan Kepala Kanwil I, Sumut yang baru, yakni Ridho Pamungkas, Kepala Bidang Penegakan Hukum, Hardianto, Kabid Pencegahan, Devi Lucy, Staf Ricky Hutagalung. (Rd)