Notification

×

Iklan

Iklan

14 Agustus Nanti,Jakarnaval Meriahkan Hari Jadi Jakarta ke-495 di Taman Impian Ancol...

31 Juli 2022
Foto: Jakarnaval Beberapa Tahun Lalu/Dok

Jakarta,DP News

Kabar gembira buat Sobat Parekraf yang sudah rindu dengan keseruan suasana Jakarnaval dalam memperingati HUT DKI Jakarta. Pasalnya, Jakarnaval akan kembali digelar dalam rangka merayakan Hari Jadi Jakarta ke-495 di pertengahan 2022 ini.


Rencana awal, Jakarnaval 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli lalu namun diundur menjadi tanggal 14 Agustus 2022. Lokasi pelaksanaan Jakarnaval berada di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol sisi pintu gerbang timur.


Penting diketahui, Jakarnaval merupakan acara tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir yang telah ditetapkan sebagai salah satu event dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).


Setelah melalui tahap kurasi dari tim bersama Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarnaval ditetapkan sebagai salah satu event nasional yang masuk dalam agenda kegiatan Karisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Gambaran Umum Jakarnaval 2022


Sebagai event tahunan dalam rangka perayaan HUT Jakarta dan menjadi satu event iconic Jakarta, perayaan Jakarnaval 2022 sebenarnya merupakan kegiatan promosi budaya Jakarta dan budaya Nusantara ke masyarakat luas. 


Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, event Jakarnaval 2022 akan diramaikan dengan berbagai karnaval dan festival menarik. Mulai dari rangkaian karnaval atau pawai budaya, hingga parade mobil hias Jakarnaval 2022.


Tidak hanya itu, Jakarnaval 2022 juga akan menjadi “wadah” sebagai bentuk dukungan dan dorongan terhadap Intellectual Property (IP) lokal. Harapannya, Jakarnaval 2022 bisa mendorong para pelaku industri kreatif serta berbagai IP lokal agar semakin berkembang dan menarik banyak menarik minat banyak orang. 


Banyak IP lokal yang rencananya hadir dan meriahkan Jakarnaval 2022, seperti Lokapala, Bumi Langit, INFIA, Pionicon, Satria Dewa, Soulcops, dan masih banyak lagi. Selain itu, diperkirakan Jakarnaval 2022 juga akan melibatkan 200 pelaku industri kreatif, baik dalam bidang seni, profesional, dan komunitas. 


Satu lagi yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Jakarnaval 2022 adalah guest star atau bintang tamu yang menghibur di puncak acara. Guest star pada “Night Festival” Jakarnaval 2022 dibagi menjadi dua, yakni penyanyi tunggal dan beberapa grup musik papan atas Indonesia.


Penyanyi tunggal yang direncanakan akan mengisi Jakarnaval 2022 adalah Yura Yunita dan Tulus. Sementara itu, kategori grup musik rencananya akan diramaikan oleh NOAH, Sheila On 7, HiVi, dan Maliq & D’Essentials.


Melibatkan sekitar 50 brand ekonomi kreatif serta memiliki rangkaian acara dan festival yang spektakuler, Jakarnaval 2022 ditargetkan dapat menarik 50% pengunjung di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan 10.000 penonton daring. 


Dengan begitu, diharapkan Jakarnaval 2022 berdampak baik bagi kondisi ekonomi, khususnya bagi produk ekonomi kreatif. Selain itu, diharapkan pula Jakarnaval 2022 dapat mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dan mendukung persatuan bangsa.(RaKar/d) 

























×
Berita Terbaru Update